Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNewsEkonomiPelaku Pasar Khawatir Meluasnya Sebaran Virus Corona, IHSG turun 5,01 Persen

Pelaku Pasar Khawatir Meluasnya Sebaran Virus Corona, IHSG turun 5,01 Persen

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Analis Pilarmas Investindo Sekuritas, Nico Demus mengatakan meluasnya virus corona menyebar ke berbagai negara, dikhawatirkan juga oleh para pelaku pasar.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Ini mendorong berbagai negara menjaga pertumbuhan ekonomi. Stimulus ekonomi yang dilakukan oleh berbagai negara merupakan dalam rangka untuk meminimalisir dampak ekonomi akibat penyebaran virus tersebut,” tutur Nico, Kamis 12 Maret 2020.

Parahnya lagi dalam cakupan dunia, Presiden Donald Trump melarang perjalanan dari Eropa ke Amerika Serikat selama 30 hari guna pencegahan sebaran virus.

“Hal ini tentunya kembali memberikan sentimen negatif yang membuat pasar saham tertekan,” beber Nico.

Sebelumnya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup terkoreksi 5,01% ke level 4,895. Sektor industri dasar bergerak melemah 8,48% dan sektor agribisnis yang melemah 5,71% tercatat menjadi kontributor terbesar penurunan IHSG pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis 12 Kamis 2020.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono Widodo mengatakan Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan pembekuan sementara atau trading halt setelah IHSG turun 5,01% pada pukul 15.33 WIB hari ini.

Sementara BEI dalam keterangan resminya mengatakan, hal ini dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00024/BEI/03-2020 tanggal 10 Maret 2020 perihal Perubahan Panduan Penanganan Kelangsungan Perdagangan di Bursa Efek Indonesia dalam Kondisi Darurat.

Dalam peraturan baru yang berlaku Rabu (10/3) ini, BEI akan melakukan trading halt selama 30 menit apabila IHSG mengalami penurunan hingga lebih dari 5% dalam satu hari bursa. BEI akan melanjutkan trading halt selama 30 menit apabila IHSG mengalami penurunan lanjutan hingga lebih dari 10%.

Perdagangan dilanjutkan pada sesi post trading pukul 16.05-16.15 waktu JATS. Pada penutupan sesi post trading, investor asing tercatat melakukan penjualan hingga Rp2,8 triliun.

Selain IHSG, indeks pasar saham Asia hari ini kompak bergerak melemah. Bursa saham Asia mengalami koreksi akibat dampak kekhawatiran coronavirus setelah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyebut corona virus sebagai pandemi.

Tercatat Indeks Nikkei milik Jepang terkoreksi 4,41% ke level 18.559. Kemudian indeks Hang Seng milik Hong Kong terkoreksi 3,66% ke level 24.309. Adapun indeks SSEC milik China bergerak melemah 1,52% ke level 2.923. (dan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu