Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsEkonomiGerak Ekonomi Masyarakat, Bupati Jember Luncurkan Becak Wisata

Gerak Ekonomi Masyarakat, Bupati Jember Luncurkan Becak Wisata

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JEMBER – Setelah Kabupaten Jember masuk level 1 PPKM, Pemerintah Kabupaten Jember mulai bergerak untuk “menggenjot” ekonomi masyarakat. Salah satunya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan aktifitas UMKM, dengan meluncurkan “Becak Wisata.”

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Di berbagai kota besar, saat ini becak merupakan angkutan tradisional yang sudah terpinggirkan. Seperti halnya di Jember, becak dan juga angkutan kota (lyn kuning) sudah kurang diminati masyarakat. Mereka kalah bersaing dengan ojek online (ojol) yang berbasis aplikasi online.

BACA JUGA : Bupati Hendy Sertifikatkan 1200 Bidang Tanah Aset Pemkab Jember

Menandai bergeraknya sektor kepariwisataan, Bupati Jember Hendy Siswanto melaunching kembalinya transportasi konvesional sebagai angkutan wisata dalam kota, melalui program “Becak Wisata.”

Meski belum sempat dihias dan terkesan seadanya, sejumlah becak yang biasa mangkal di pusat kota Jember, Rabu (15/9), dilepas Bupati Hendy Siswanto bersama Wabup Gus Firjaun, dari depan Pendopo Wahyawibawagraha. “Hari ini, kita meresmikan becak, yang merupakan angkutan tradisional menjadi transportasi wisata di kota Jember,” ujar Bupati.

BACA JUGA : Siapkan Bonus Puluhan Juta, Bupati Berharap Atlet Jember Mampu Berprestasi Pada Porprov 2022

Kepada wartawan, Bupati Hendy menyatakan peluncuran transportasi wisata ini, sebagai awal kebangkitan ekonomi untuk masyarakat Jember. “Kami dari pemerintah akan menyiapkan infrastruktur jalan yang baik untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata di Jember,” lanjutnya.

Terkait dengan program kepariwisataan, Hendy Siswanto menyatakan Pemkab Jember melalui OPD terkait akan melakukan pembinaan lebih lanjut kepada semua pihak terkait.

BACA JUGA : Tiga Anggota Pendekar di Jember Ditangkap atas Dugaan Keroyok Rekannya

“Temen-temen para pengemudi becak yang akan kita libatkan dalam kegiatan ini, akan dilatih, terkait dengan berbagai hal. Diantaranya, pelatihan tentang publik speaking, bagaimana cara melayani wisatawan, dan hal lain agar wisatawan punya kesan baik selama berada di Jember,” tuturnya.

Bupati mengaku tidak muluk-muluk dalam membuat program kegiatan. Menurutnya, yang paling penting masyarakat Jember segera bergerak, agar perekonomian cepat bangkit. “Jangan berfikir terlalu jauh untuk gaet wisata luar Jember, kita berfikir bagaimana memanfaatkan potensi yang ada dulu,” lanjutnya.

Meski demikian, Bupati Hendy tetap mengingatkan, bahwa ancaman Covid-19 masih ada. Karena itu, semua aktifitas masyarakat harus tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. “Masker harus tetap disosialisasikan terus dan vaksin juga. Karena ini syarat utama menuju new normal,” tegasnya. (yon)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR