Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNewsAwas Pakai Knalpot Blong, Siap-siap Diambil Petugas

Awas Pakai Knalpot Blong, Siap-siap Diambil Petugas

- Advertisment -spot_img

Lima Hari Operasi Patuh Semeru, Belasan Knalpot Blong Disita

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Mojokerto mengamankan knalpot brong dan ban berukuran kecil dari belasan kendaraan roda dua selama lima hari pelaksanaan Operasi Patuh Semeru Tahun 2021.

Kasatlantas Polresta Mojokerto AKP Heru Sudjoto Budi Santoso menjelaskan pihaknya saat ini memang memprioritaskan penindakan kendaraan bermotor yang tidak standar. Utamanya knalpot brong dan ban ukuran kecil.

“Target dan sasaran Operasi Patuh Semeru kita memang yang berknalpot brong. Maupun yang tidak standar. Sebab, kita tidak akan mentolerir kendaraan membahayakan yang memicu fatalitas kecelakaan,” ucapnya, sembari menunjukkan salah satu kendaraan roda dua berknalpot brong yang diamankan.

Namun, pihaknya tetap mengedepankan pendekatan humanis. Dimana pengendara yang saat operasi ditemukan menggunakan knalpot brong, maka akan diminta menggantinya. Baik secara langsung di lokasi temuan, maupun di lingkungan Mapolresta Mojokerto.

Setelah, itu barulah dicek kelengkapan surat menyuratnya. Jika terjadi pelanggaran maka akan dilakukan penilangan. “Kami utamakan memang knalpot brong, atau penggunaan aksesoris motor di luar standar. Seperti ban yang dikecilkan, atau spion. Kalau surat menyurat tidak lengkap, mati, atau bermasalah barulah ditilang,” katanya.

Operasi Patuh Semeru Dilakukan Secara Masif

Heru menyebut Operasi Patuh Semeru 2021 akan dilakukan secara masif selama dua pekan terutama di wilayah Kota Mojokerto dan utara sungai. Yakni, Kecamatan Jetis, Gedeg, Kemlagi dan Dawarblandong termasuk jalan yang disalahgunakan untuk balap liar. 

“Sementara ini dalam lima hari pelaksanaan Operasi Patuh Semeru di wilayah hukum Polresta Mojokerto, sudah diamankan sekitar sepuluh kendaraan bermotor knalpot brong,” dia menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya akan memberi sanksi tegas terhadap pelanggar lalulintas terutama pelajar terkait kendaraan knalpot brong tersebut.

“Kami juga akan memanggil orang tua dari pelajar dan akan kita sampaikan pelanggaran lalulintas yang bersangkutan, karena ini tanggung jawab bersama dalam keselamatan lalulintas,” terangnya.

Disisi lain, Heru menjelaskan mayoritas kendaraan yang dikendarai anak muda saat balap liar memakai knalpot brong balap liar.

“Menjadi atensi pelanggaran lalulintas karena hampir 90 persen kendaraan yang dipakai anak-anak saat balap menggunakan knalpot brong,” ujarnya.(din/aka)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...