Jumat, September 24, 2021
BerandaNewsAnggarkan Rp 5,1 Miliar, Bedah Rumah Kota Batu Bergulir Agustus

Anggarkan Rp 5,1 Miliar, Bedah Rumah Kota Batu Bergulir Agustus

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Dinsos Kota Batu menganggarkan sebesar Rp 5,1 miliar untuk merealisasikan program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) di tahun 2021. Jumlahnya sebanyak 160 unit RTLH yang bakal direnovasi. Tiap rumah menerima gelontoran dana sebesar Rp 30 juta. Rumah-rumah yang masuk program bedah rumah itu tersebar di 24 desa/kelurahan Kota Batu. 

Semula dari data yang dihimpun terdapat 300 unit RTLH. Namun setelah diverifikasi ada rumah yang telah mendapat bantuan lain. Maka secara otomatis usulan tersebut ditolak. Syarat lainnya, status kepemilikan lahan harus milik pribadi penerima manfaat program RTLH.

Kepala Dinsos Kota Batu, Ririk Mashuri mengatakan, program bedah bakal digulirkan pada Agustus ini. “Kami sudah melakukan proses verval bagi calon penerima manfaat apakah rumah benar-benar layak menerima program bantuan,” terang Ririk.

Ia mengatakan, dari hasil verifikasi faktual, ada sejumlah KK yang dicoret sebagai penerima bantuan. Lantaran terdapat rumah yang alamatnya tidak sesuai dengan dokumen pengajuan maupun karena ada pendataan ganda. Seperti 11 rumah di Dusun Brau, Gunungsari, Bumiaji yang dieliminasi dari daftar penerima bantuan. Rumah-rumah itu terdampak longsor pada Februari 2021 lalu.

“Anggarannya belum terserap sama sekali. Agustus baru akan direalisasikan,” kata Ririk.

Sebelumnya anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Machmud meminta agar rehab RTLH bisa segera terealisasi secepatnya dalam waktu dekat. Pasalnya untuk tahun ini dari tiap pemerintah desa/kelurahan telah mengusulkan rumah yang kiranya untuk direhab dan telah memasuki semester II.

Lebih lanjut, Ketua Fraksi Golkar ini mengatakan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan rehab RTLH. Pasalnya saat ini tengah masuk musim kemarau. “Kami berharap realisasinya bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Karena mumpung sekarang masih musim kemarau. Sehingga pas musim hujan, rehab sudah selesai dan pemilik rumah bisa merasakan manfaatnya,” pungkasnya. (wok/wan)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Sidoarjo Gandeng Bea Cukai Sosialisasikan Manfaat DBHCT

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) sebagai salah satu pendapatan negara yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat, misalnya dalam bidang...