Senin, September 26, 2022
BerandaNewsMetropolitan40 Parpol Daftar ke KPU Jadi Peserta Pemilu 2024, 24 Lengkap, 16...

40 Parpol Daftar ke KPU Jadi Peserta Pemilu 2024, 24 Lengkap, 16 Diperiksa

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU), menerima pendaftaran 40 Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2024 mendatang. 24 parpol dinyatakan sudah lengkap, sementara 16 lainnya masih diperiksa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

KPU juga memastikan 3 parpol pemilik akun Sipol, hingga batas akhir pendaftaran ditutup, yakni Minggu (14/8) pukul 23.59 wib, tidak datang untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu 2024 mendatang.

3 parpol tersebut masing-masing Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia, dan Partai Rakyat, kata Komisioner KPU August Mellaz.

Tiga partai ini sebelumnya telah terdaftar dan memiliki akun di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) bersama 40 partai lainnya yang telah mendaftar ke KPU.

“Tiga Partai politik yaitu Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia, dan Partai Rakyat hingga batas waktu penutupan pendaftaran 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB tidak melakukan pendaftaran,” kata August saat konferensi pers di kantor KPU, Senin (15/8) dini hari.

BACA JUGA: Simpan Sabu di Ladang Jagung dan Ribuan Pil Koplo di Truk, Warga Mojokerto Ini Diringkus

Sebagai informasi, kemunculan Partai Mahasiswa Indonesia sempat menjadi perhatian publik pada April 2022 lalu. Kemenkumham telah menerbitkan SK bagi partai yang digawangi oleh Eko Pratama itu pada 21 Januari 2022 lalu.

Di sisi lain, August mencatat 40 dari total 43 partai politik pemegang akun Sipol telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024. Pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 dibuka selama dua pekan mulai dari 1 Agustus 2022 hingga 14 Agustus 2022.

Terdapat sembilan partai politik yang melakukan pendaftaran pada hari terakhir pendaftaran kemarin. Mereka di antaranya Partai Karya Republik, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Pandu Bangsa, Masyumi, Partai Pergerakan Kebangkitan Desa, Partai Damai Kasih Bangsa, Partai Republik Satu, Partai Pemersatu Bangsa, dan Partai Kedaulatan.

Komisioner KPU Idham Holik merinci sebanyak 24 berkas dokumen pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 dinyatakan lengkap setelah pendaftaran tutup. Sementara 16 parpol lainnya berstatus masih diperiksa berkas pendaftarannya.

BACA JUGA: Beri Rasa Aman, Polres Nias Konsisten Lakukan Pengamanan Kebaktian Ibadah Minggu

Bila berkas sudah dinyatakan lengkap, KPU akan melanjutkan tahap verifikasi administrasi. KPU nantinya bakal menyampaikan hasil verifikasi administrasi pada 14 September mendatang. Hal ini sudah sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022.

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Dezhou Braised Chicken Jadi Hidangan Terpopuler Kereta Api China

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Setiap kali kereta melewati Stasiun Dezhou, China, truk penjual otomatis di peron terkelilingi oleh penumpang. Hanya untuk membeli Ayam Rebus Dezhou sebagai oleh-oleh...