Senin, September 20, 2021
BerandaNews13 Formasi Dokter Spesialis Perekrutan CPNS 2021 Dibuka, Namun Sepi Peminat

13 Formasi Dokter Spesialis Perekrutan CPNS 2021 Dibuka, Namun Sepi Peminat

NUSADAILY.COM – MALANG – Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang sangat menyayangkan sepinya peminat terhadap pendaftaran CPNS formasi dokter spesialis. Sebab saat ini, Pemerintah Kabupaten Malang sangat membutuhkan tenaga medis dokter spesialis untuk ditempatkan di RS yang tersebar di Kabupaten Malang.

Saat ini, menurut data perekrutan CPNS 2021, terdapat 13 formasi dokter spesialis yang dibuka. Yakni terdiri dari spesialis anak, spesialis bedah, spesialis bedah plastik, spesialis bedah syaraf, spesialis dalam, spesialis forensik, spesialis jiwa, spesialis kandungan, spesialis kulit dan kelamin, spesialis paru, spesialis patologi anatomi, spesialis radiologi, spesialis rehabilitasi medik. Masing-masing dibutuhkan 1 orang setiap formasi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah. Pasalnya dari sejumlah formasi tersebut, masih ada 7 formasi yang hingga saat ini belum ada pendaftar sama sekali.

Mulai dari spesialis bedah plastik, spesialis syaraf, spesialis forensik, spesialis jiwa, spesialis paru, spesialis patologi anatomi dan spesialis rehabilitasi medik.

“Ini sangat disayangkan, karena kondisinya kami (Pemkab Malang) sebenarnya benar-benar butuh tenaga spesialis tersebut. Makanya itu, kenapa bisa sampai sepi peminat. Rumah sakit kita sedang butuh-butuhnya,” ujar Nurman, Kamis (5/8/2021).

Intens Berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat

Untuk menyikapi hal tersebut, hingga saat ini pihaknya sedang intens melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat. Tujuannya, agar formasi tersebut bisa tetap diisi meskipun tidak ada pelamar yang mengisi pada formasi yang dibutuhkan.

Misalnya, jika berkaca pada perekrutan CPNS sebelumnya, formasi yang sama sekali tidak ada peminatnya, kuotanya akan dialihkan ke formasi lain yang pendaftarnya lebih banyak. Namun menurut Nurman, keputusan tersebut berada dalam kewenangan Pemerintah Pusat.

“Ya nanti, kita akan komunikasikan. Batasnya ya sampai sebelum test. Nanti keputusannya di Pemerintah Pusat. Kalau di tahun sebelumnya, biasanya yang dijadikan opsi itu, kuota di formasi tersebut dialihkan ke formasi lain, jadi biar (kuota) nya tetap bisa terisi. Tapi tetap menunggu Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada perekrutan CPNS di lingkungan Kabupaten Malang tahun 2021 ini, jumlah kuota yang didapat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sebanyak 2.560 formasi.

Rinciannya, 2.206 untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Yakni 2.081 formasi Guru, 124 formasi Tenaga Kesehatan dan 1 formasi Tenaga Teknis. Sedangkan untuk untuk kuota CPNS sebanyak 354. Yakni 239 formasi Tenaga Kesehatan, 115 formasi Tenaga Teknis.

Sementara itu untuk untuk jumlah pendaftarnya, hingga saat ini BKPSDM Kabupaten Malang mencatat ada sebanyak 12.820 pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat. (aje/aka)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...