NasDem Usul Agar Anies Pilih Cawapres Bukan Kader Parpol

NULL

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan membeberkan 3 kriteria calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampinginya di 2024. NasDem mengusulkan agar Anies memilih cawapres bukan dari kader parpol.

"Pertama, tentunya cawapres itu orang yang harus membantu elektoral, itu pasti. Kemudian, menstabilkan koalisi, sepakat. Jadi menstabilkan koalisi itu begini, katakan tiga partai koalisi terjadi, kemudian tidak mungkin jadi kalau satu partai mau mengusulkan wakilnya," kata Waketum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Selasa (18/10/2022).

BACA JUGA: NasDem Memanggil! DPD NasDem Kota Probolinggo Buka Pendaftaran Caleg 2024


"Jadi, maka akan lebih bijak kalau kemudian supaya tidak tarik menarik, ya sudah kita serahkan kepada Anies yang kemudian (cawapres) bukan (berasal) dari kader parpol," lanjut Ali.

Ali mengatakan hal itu juga untuk mencegah terjadinya kontrak politik yang bersifat transaksional. Ali menilai dalam koalisi sebaiknya tidak ada kontrak politik apapun.

"(Misalnya) sekarang (ada) tiga partai (koalisi) nih, kalau berkoalisi, atau dua partai. Anies tidak berpartai, terus kemudian kalau salah satu elite partai minta cawapresnya diambil dari partainya, terus kalau dua partai gimana? Akibatnya yang terjadi adalah transaksional kan, kita ingin menghilangkan hal-hal seperti itu," lanjut Ali.

Selain itu, Ali mendorong posisi capres dan cawapres haru setara. Dalam artian tidak ada yang lebih rendah dan lebih tinggi sehingga tidak ada sikap ingin menang sendiri.

"Nah, yang saya maksud itu kenapa NasDem membangun koalisi itu harus setara supaya kita setara dalam posisi, setara berdiri ya kan, tidak ada lebih atas, tidak ada lebih rendah, tidak ada yang mau menang sendiri," ujar Ali.

Sebelumnya, Anies membeberkan 3 kriteria cawapres yang akan dipilih nantinya. Apa saja ?

"Saya rasa tidak ada ketentuan, tapi saya melihat tiga kriterianya, satu, memberikan kontribusi dalam pemenangan. Kedua, membantu memperkuat stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif," kata Anies usai menghadiri acara launching program 'NasDem Memanggil' di NasDem Tower Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

BACA JUGA: Sahroni NasDem Puji Kapolri Segera Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan


"Tiga ini yang menjadi faktor dan memang belum ada," sambungnya.

Anies mengaku tidak terburu-buru menentukan cawapres. Dia menyebut masih banyak waktu untuk menentukannya.

"Pertama waktunya masih panjang, jadi kita tidak terburu-buru menentukan," katanya.(eky)