NasDem Memanggil! DPD NasDem Kota Probolinggo Buka Pendaftaran Caleg 2024

Selain pendaftaran bakal caleg untuk tingkat DPRD Kota Probolinggo, juga dibuka pendaftaran bagi bakal caleg DPRD provinsi dan DPR-RI.

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Probolinggo memberi peluang kepada pemuda dan tokoh masyarakat untuk maju sebagai calon legislatif (caleg) 2024 mendatang.

Selain pendaftaran bakal caleg untuk tingkat DPRD Kota Probolinggo, juga dibuka pendaftaran bagi bakal caleg DPRD provinsi dan DPR-RI.

Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo, Zulfikar Imawan mengatakan, ketetapan penjaringan bakal caleg itu sesuai hasil keputusan rapat internal, di mana pendaftaran mulai dibuka pada 18 Oktober 2022 sampai 28 Oktober 2022.

BACA JUGA:  Melihat Sinyal Reshuffle dari Jokowi, NasDem Yakin Menterinya...

Untuk tempat pendaftarannya dipusatkan di Sekretariat DPD Partai NasDem Kota Probolinggo Jalan Ahmad Yani 22 Kota Pribolinggo

"Tempatnya di sekretariat ini waktunya kami mulai pukul 10.00 WIB pagi sampai dengan pukul 15.00 WIB sore setiap harinya," ujar Iwan didampingi Ketua Bappilu Partai NasDem Kota Probolinggo Lalok Mulyadi, Selasa (18/10/2022).

Zulfikar menerangkan, sesuai amanat Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh pendaftaran bakal caleg ini berlaku umum sehingga tidak hanya bagi kader NasDem saja.

Sementara, Ketua Bappilu Partai NasDem Kota Probolinggo Lalok Mulyadi menyampaikan terkait teknis penjaringan. Ia mengatakan, di NasDem sendiri dalam penjaringan bakal caleg ada program 'NasDem Memanggil'.

Melalui program penjaringan ini NasDem memiliki kriteria standar yang umumnya juga dipakai partai politik lainnya.

Namun, untuk kriteria khusus akan diadakan mekanisme survei dan bakal caleg pun harus memiliki surat keterangan bebas narkoba dari BNN.

"Selain menerima pendaftaran secara terbuka Bappilu juga akan menjaring secara person bakal calon legislatif yang dianggap memiliki ketokohan dan kapabilitas yang cukup untuk dicalonkan," beber Lalok.

Sejalan dengan itu, partai besutan Surya Paloh ini tetap konsisten dengan konsep politik tanpa mahar.

Untuk itu Lalok menegaskan, dalam pendaftaran bakal caleg ini, NasDem tidak sepesrpun memungut biaya. Bahkan, materai untuk berkas pendaftaran bakal caleg pun disiapkan sendiri oleh NasDem.

BACA JUGA: Tok! Anies Baswedan Resmi Capres NasDem 2024

"Kalau untuk syarat standar itu biasa, ada biodata berupa Curriculum Vitae (CV), kemudian menjelang kebutuhan pendaftaran di KPU nanti kami siapkan persyaratan SKCK, persyaratan kesehatan baik itu termasuk paling penting itu dari BNN yakni keterangan bebas narkoba itu yang paling penting di NasDem, yang lain seperti syarat di partai-partai lain," terang Lalok.

Ia menambahkan, pada pemilihan legislatif 2024 mendatang, NasDem Kota Probolinggo menarget enam kursi di parlemen, dan dua kursi untuk DPRD Provinsi Jawa Timur

"Kami melihat peluang dengan adanya suara NasDem yang terus naik maka kami optimis akan mendapatkan enam kursi," tukas Lalok.(*/lna)