Musim Dingin Tiba! Kamu Wajib Main Ski, Makan Keju dan Cokelat di Swiss

Musim dingin di Eropa telah tiba. Salah satu negara yang dinilai pas untuk menikmati musim yang syahdu ini adalah Swiss.

Musim Dingin Tiba! Kamu Wajib Main Ski, Makan Keju dan Cokelat di Swiss
Ilustrasi

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Musim dingin di Eropa telah tiba. Salah satu negara yang dinilai pas untuk menikmati musim yang syahdu ini adalah Swiss.

Bila mendengar kata Swiss, banyak orang langsung teringat udara dingin dengan wilayah dipenuhi salju. Ini tak salah mengingat 60 persen atau sebagian besar wilayah Swiss merupakan bagian dari Pegunungan Alpen.

BACA JUGA: Duh! Bus Timnas Swiss Tabrak Mobil Polisi yang Mengawal Mereka di Jalan Tol

Identik dengan salju, Swiss menjadi incaran wisatawan dari berbagai dunia untuk menikmati musim dingin. Salah satu kegiatan yang paling dicari dan memang wajib dicoba ketika datang ke Swiss di musim dingin adalah bermain ski.

Swiss memiliki banyak tempat yang menawarkan wisata ski. Bagi yang baru pertama kali main ski tak perlu khawatir karena terdapat 172 sekolah ski yang dapat wisatawan sambangi. Selain itu di sana juga ada program sehari merasakan bermain ski dengan pendampingan dari pemandu.

Bermain ski di Swiss akan terasa lebih berbeda dibandingkan tempat lainnya. Lanskap Swiss berupa pegunungan alami membuat pengalaman ski lebih menyenangkan.

Apalagi Swiss memiliki jalur ski terpanjang di dunia yakni dari Klein Metterhorn ke Valtournenche. Panjang lintasan mencapai 22 kilometer. Pemain ski akan melewati perbatasan Swiss-Italia dari Zermatt ke Cervina.

Namun bila wisatawan hanya ingin bersantai menikmati keindahan musim dingin, bisa juga tinggal di resor-resor yang memberikan pelayanan wellness dan spa. Cara lain menikmati pemandangan gunung salju adalah dengan naik kereta api.

"Kereta api di Swiss adalah transportasi publik yang dapat diandalkan, aman, dan dapat menjangkau banyak tempat termasuk pegunungan," kata Market Representative Indonesia Switzerland Tourism Vidia Panna dilansir dari detikTravel, Rabu (30/11/2022).

Vidia juga merekomendasikan agar wisatawan menggunakan Swiss Travel Pass. Ini bagaikan kartu sakti yang dapat digunakan untuk naik kereta api, kapal, dan bus di Swiss.

Musim dingin di Swiss juga kurang pas bila tak mencicipi kuliner khas Swiss, yakni keju dan cokelat. Director Southeast Asia Switzerland Tourism Batiste Pilet memberikan rekomendasi menu cheese fondue.

"Kalian harus mencoba cheese fondue yang paling ikonik. Ini cocok dinikmati untuk makan siang saat musim dingin," katanya.

BACA JUGA: Bentuk Protein Membantu Mendeteksi Penyakit Parkinson


Cheese fondue adalah olahan keju Swiss yang cara menyantapnya adalah mencocol roti dengan keju yang sudah dilelehkan di atas panci. Jenis keju yang digunakan biasanya keju gruyere atau emmental.

Sementara itu, Vidia merekomendasikan wisatawan untuk menikmati cokelat Swiss. "Cokelat di Swiss memiliki lebih banyak variasi daripada di Asia Tenggara jadi harus dicoba," ujarnya.(eky)