Muncul Banyak Danau di Gurun Taklamakan, Netizen Malah Serukan Tanam Pohon

Tahun ini merupakan volume air terbesar Sungai Tarim di Xinjiang dalam sepuluh tahun terakhir. Sungai meluap ke Gurun Taklamakan di dekatnya dan membentuk banyak danau serta pemandangan yang menakjubkan.

Muncul Banyak Danau di Gurun Taklamakan, Netizen Malah Serukan Tanam Pohon
Gurun taklamakan (sumber: new.qq.com)

NUSADAILY.COM-XINJIANG- Tahun ini merupakan volume air terbesar Sungai Tarim di Xinjiang dalam sepuluh tahun terakhir. Sungai meluap ke Gurun Taklamakan di dekatnya dan membentuk banyak danau serta pemandangan yang menakjubkan.

Baca Juga: Tragis! Seorang Wanita di Jerman Terjebak dalam Mobilnya...

Gurun yang berlapis dengan air danau tampaknya memberi kesan unik tersendiri. Di dekat air danau, gurun pasir yang membentuk bukit-bukit kecil di sampingnya membentuk pemandangan yang unik.

Melansir new.qq.com, banyak netizen mengambil momen ini untuk menyerukan menanam pohon, namun rupanya itu merupakan salah paham.

Banyak netizen yang memenuhi kolom komentar dan mengimbau untuk menanam pohon, karena ini merupakan kesempatan yang langka. Namun sebenarnya tidak sesederhana itu.

Penanaman pohon di Gurun Taklamakan tidak akan memperbaiki lingkungan ekologinya, tetapi akan memperburuk krisis ekologi Gurun Taklamakan.

Penanaman pohon di Gurun Taklamakan akan memungkinkan pohon menyerap sedikit air di tanah asli ke dalam batang, dan kemudian menghilang ke atmosfer melalui transpirasi daun, yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian pohon, menurunkan kadar air di gurun, serta akan terjadi lebih banyak penggurunan.

Baca Juga: Penobatan Raja Charles III Dilakukan Pada 6 Mei 2023 di London

Sebagai bentuk upaya, saat ini pemerintah daerah telah membangun hutan perlindungan dan penahan angin di sekitar Gurun Taklamakan untuk mengurangi kecepatan pergerakan bukit pasir dan meminimalkan dampak penggurunan terhadap produksi dan kehidupan normal manusia. (mdr2/lna)