Mirip Flu Biasa, Begini Gejala COVID-19 Varian Terbaru

Indonesia kembali diterpa dibayangi kasus COVID-19. Seiring virus Corona yang masih terus bermutasi, gejala COVID-19 menjadi sorotan. Terlebih diketahui, varian-varian baru Corona memicu gejala yang mirip dengan batuk-pilek biasa.

Mirip Flu Biasa, Begini Gejala COVID-19 Varian Terbaru
Ilustrasi tes virus Corona.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Indonesia kembali diterpa dibayangi kasus COVID-19. Seiring virus Corona yang masih terus bermutasi, gejala COVID-19 menjadi sorotan. Terlebih diketahui, varian-varian baru Corona memicu gejala yang mirip dengan batuk-pilek biasa.

Varian baru COVID-19 ini memiliki gejala ringan dan beragam, sehingga sering disebut mirip dengan gejala flu biasa. Ketua departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Prasenohadi, PhD, SpP(K), KIC mengatakan untuk melihat perbedaannya perlu tes PCR atau antigen.

BACA JUGA: Singapura Laporkan 1.297 Kasus Baru Positif COVID-19


Dilansir dari detikhealth, berikut sejumlah gejala positif COVID-19 varian baru yang perlu diketahui.

1. Sakit Kepala
Beberapa pasien COVID-19 kerap mengeluhkan kondisi sakit kepala. Sakit kepala yang sering dialami adalah pusing dan berdenyut.

"Jadi kalau ada keluhan apapun bahkan sakit kepala sekalipun ya mau tidak mau harus PCR," kata dr Praseno, dikutip dari YouTube BNBP, Jumat (2/12/2022).

2. Batuk Kering
Selain sakit kepala, gejala yang juga sering dirasakan pasien COVID-19 adalah batuk kering.

Meskipun gejala ini tidak tergolong berat dan hilang timbul, kata dr Praseno itu bisa jadi gejala positif COVID-19 sehingga perlu waspada.

3. Nyeri Otot
Nyeri otot dan sendi merupakan salah satu gejala khas dari varian baru COVID-19. Badan terasa pegal linu dan terasa lemas tak bertenaga.

"Demam yang disertai nyeri otot. Nyeri otot itu jadi salah satu gejala COVID-19," kata dr Praseno.

4. Pilek
Pilek adalah gejala umum infeksi virus. Pilek terjadi ketika virus menyerang sistem imun dan menyebabkan produksi lendir di saluran pernapasan. Sulit membedakan pilek infeksi COVID-19 atau flu biasa, sehingga perlu tes PCR untuk memastikannya.

BACA JUGA: Waduh! Myanmar Laporkan 20 Kasus Baru Positif COVID-19


5. Diare
Jika biasanya gejala COVID-19 menyerang sistem pernapasan, pada varian baru gejala positif COVID-19 juga bisa dari terganggunya sistem pencernaan, yakni diare.

"Sekarang diare juga tidak bisa dianggap main-main, ternyata COVID-19 ya," kata dr Praseno.(eky)