Talita Kum Jadi Isolasi PDP, Warga Kelurahan Sisir Cemas

  • Whatsapp
Talita Kum
Wisma Talita Kum di RT 1/RW 12 Kelurahan Sisir Kota Batu Jatim dijadikan tempat isolasi 24 tenaga kesehatan berstatus PDP Covid-19
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Batu berjumlah 46 orang per 6 Mei 2020. Sebanyak 24 PDP diantaranya merupakan tenaga medis, terdiri dari 15 dari Rumah Sakit Karsa Husada dan 9 dari salah satu puskesmas. Seluruh tenaga medis yang masuk kategori PDP diisolasi di Wisma Talita Kum, Jalan Metro, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur.


Para PDP tersebut menunjukkan gejala pneumonia dan hasil rapid tesnya menunjukkan reaktif.  Ditengarai para tenaga kesehatan tersebut yang kini berada di wisma Talita Kum terpapar karena memiliki kontak erat dengan salah satu tenaga medis yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 Kluster Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. 

Baca Juga


“Mereka sebanyak 15 tenaga kesehatan dari Karsa Husada dan 9 tenaga kesehatan dari puskesmas. Sudah menjalani tes swab, tinggal menunggu hasilnya,” ungkap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko usai mengikuti telekonferens bersama Gubernur Jawa Timur, Rabu 6 Mei 2020.


Di sisi lain, ditempatkannya 24 tenaga medis kategori PDP  di Wisma Talithakum membuat warga yang berada di RT 1/ RW 12 Kelurahan Sisir merasa khawatir. Apalagi sebelumnya warga mengaku belum mengetahui jika gedung tersebut dijadikan tempat isolasi bagi 25 PDP.


Ketua RW 12, Bambang Gunadi menuturkan pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Pemkot Batu. Pihaknya pun mengakui jika Kelurahan Sisir tidak mengetahui jika gedung tersebut dijadikan tempat isolasi bagi 24 PDP.


“Kalau ada apa-apa harusnya ada pemberitahuan ke RT/RW dulu. Apalagi ini berkaitan dengan penyakit menular yang mengancam keselamatan dan kesehatan warga kami. Sehingga jika ada permasalahan kami bisa menyampaikan ke warga kami,” seru Bambang dilansir Nusadaily.com


Saat dikonfirmasi terkait keberatan warga RT 1/ RW di Kelurahan Sisir, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengaku tidak mengetahui jika warga merasa keberatan. Ia berpesan agar warga tidak perlu khawatir apalagi memunculkan stigma negatif bagi mereka, termasuk yang diisolasi di wisma Talita Kum.


“Untuk itu, Dinkes perlu mengeduksi masyarakat agar tidak memunculkan stigma negatif bagi mereka. Kita juga harus mematuhi protokoler kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Isolasi PDP di Wisma Talita Kum juga untuk itu,” ujarnya. (kwk/wan)

Post Terkait

banner 468x60