Roosminnie Istri Prof Emil Salim Tutup Usia, Menteri LHK Ucapkan Belasungkawa

  • Whatsapp
meninggal dunia
Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono saat menjadi Inspektur Upacara dalam Proses Pemakaman Istri Mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim di TMP Kalibata. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Istri Mantan menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan tahun 1978 – 1993 Prof. Emil Salim, Roosminnie, tutup usia di RS Medistra Jakarta, Sabtu, 27 Februari 2021 pukul 12.46 WIB.

Mendapat kabar tesebut, Menteri LHK Siti Nurbaya yang saat itu melakukan kunjungan kerja ke Mojokerto Sabtu 27 Februari 2021 mengatakan, atas nama pribadi dan keluarga besar LHK memberikan ucapan belasungkawa yang dalam.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar KLHK, saya mengucapkan turut berduka atas kepergian Ibu Roosminnie menghadap Sang Pencipta, segenap doa dan hati saya tertuju kepada Ibu. Selamat jalan Ibu Roosminnie, semoga amal ibadah Ibu diterima Allah SWT, dan Bapak Emil Salim dan keluarga diberi ketabahan” ucap Menteri Siti
Sabtu 27 Februari 2021 saat berada di Mojokerto.

BACA JUGA: I Gede Ardhika, Mantan Menteri Pariwisata meninggal dunia

Dari rumah duka yang berada di kawasan Kuningan Jakarta, dilaksanakan penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke Negara untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Tampil sebagai inspektur dalam pemakaman tersebut, adalah
Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono.

Seusai pemakaman, Hendroyono mengatakan proses upacara pemakaman berjalan lancar, dan dia juga menyampaikan pesan keluarga besar Emil Salim rasa terima kasihnya kepada Menteri LHK Siti Nurbaya.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian acara berjalan lancar. Dan keluarga Bapak Emil Salim mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri LHK dan jajaran KLHK atas bantuan dan dukungannya,” ucap Bambang Hendroyono.

Sebagai informasi Roosminnie (87 tahun) lahir di Bogor 12 Januari 1934, dan merupakan putri bungsu dari seorang dokter hewan dan guru besar dari Kota Gadang, Dr Muhammad Roza.

BACA JUGA: Dubes RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang Meninggal Dunia

Mantan Menteri Emil Salim memperistri Roosminnie atau yang lebih akrab dipanggil Minnie tanggal 26 September 1958 silam.

Sedangkan Emil Salim sendiri merupakan Menteri Perhubungan pada Kabinet Pembangunan II 1973-1978, Menteri Negara Urusan Kependudukan dan Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan III 1978-1983 dan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup pada Kabinet Pembangunan IV-V 1983-1993.(sir/lna)