Mufida: Peran Pers Penting Untuk Memperkokoh Pilar Demokrasi

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2020 penting menjadi momentum bagi insan pers untuk mengokohkan posisinya sebagai salah satu pilar demokrasi. Caranya, dengan menyajikan informasi yang benar, sesuai fakta, dan berimbang.

Demikian disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Kurniasih Mufidayati dalam siaran persnya, Minggu 9 Februari 2020.

Bacaan Lainnya

Mufida menuturkan, peran ini penting dijalankan pers di era Industri 4,0 dan komunikasi horizontal, serta di tengah simpang siur informasi di media sosial yang kini cenderung lebih mendominasi kepercayaan publik.

“Sebagai contoh saja, di tengah riuhnya info mencemaskan tentang virus Corona yang mewabah di dunia, insan pers diharapkan tampil ke depan menjadi rujukan pertama dan utama yang valid,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Mufida, pers perlu menyajikan fakta didukung data dan kritis menyikapinya. Alumni Universitas Indonesia ini mencontohkan, ketika lebih dari 25 negara di dunia dinyatakan positif terinfeksi virus corona sementara Indonesia dengan gagah justru menyatakan, tidak ada satupun kasus virus corona di sini, insan pers perlu bersikap kritis.

Selain itu, tentang isu Omnibus Law yang sudah berdampak pada aksi puluhan ribu pekerja, karena merasa hak-hak pekerja akan terancam terlikuidasi. Adanya pandangan yang berbeda menyikapi isu Omnibus Law dari kalangan pekerja, pengusaha dan pihak pemerintah menjadi pemicu keresahan masyarakat. Disinilah Pers diharapkan bisa hadir memberikan informasi yang transparan kepada masyarakat.