Komisi II Dukung BPIP Sosialisasikan Ideologi Pancasila ke Penjuru Indonesia

  • Whatsapp
BPIP Ideologi Pancasila
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendukung penuh program kegiatan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam menyosialisasikan ideologi Pancasila ke penjuru Indonesia, Bahkan mendukung Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) berdasarkan pagu anggaran RAPBN tahun anggaran 2021 yang diusulkan BPIP.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama BPIP DR. Drs. Karjono, S.H., M.Hum seusai rapat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dalam pembahasan RKA kepada media.

Baca Juga

Karjono juga pastikan semua program BPIP sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya yaitu membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila.

“Tentu perlu ada sinergitas antara lembaga, institusi DPR maupun MPR baik moril maupun materil untuk membumikan ideologi Pancasila ke penjuru Negeri,” katanya.

Selain itu menurut mantan staf khusus kementerian hukum dan ham itu program kegiatan akan dikonsentrasikan pada pembangunan karakter dan moral internal BPIP dan sosialisasi dalam mengarusutamakan ideologi maupun nilai-nilai Pancasila pada stakeholder masyarakat Indonesia.

“Selain pada pembangunan karakter moral program kegiatan juga akan dikonsentrasikan pada pembinaan ideologi Pancasila karena sebagai pemersatu bangsa, dasar hukum negara yang harus dijunjung tinggi atas dasar kesepakatan leluhur bangsa Indonesia,” jelas Karjono.

Ia juga mengaku program kegiatan sampai saat ini sudah mencapai 56 persen dan optimis akhir tahun anggaran 2020 akan selesai 100 persen.

“Ia kami optimis pada akhir tahun anggaran 2020 semua program kegiatan akan terselenggara dengan baik, karena program kegiatan untuk manajemen dalam penguatan informasi teknologi dan pembinaan ideologi Pancasila khususnya sosialisasi belum dilaksanakan secara menyeluruh,” tutupnya.

Ketua Komisi II DPR DR. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si.,MT dan anggota Komisi II lainnya mendukung penuh dengan program BPIP untuk tahun anggaran 2021. Sehingga diharapkan pembinaan ideologi Pancasila dapat terukur dan tepat sasaran.

“Kami sebetulnya mendukung penuh, karena Pancasila ini masalah ideology, masalah penting, bahkan walaupun anggaran cukup besar, tetapi selama memang diperuntukkan program kegiatan yang jelas,” ucapnya membacakan kesimpulan hasil RDP.

Rapat Bersama BPIP

Politisi Fraksi Partai Golongan Karya itu berharap ada rapat kembali bersama BPIP untuk menyusun program-program dan kegiatan pada tahun anggaran 2021 terutama dalam mengarusutamakan ideologi Pancasila.

“Saya berharap setelah rapat ini, selanjutnya kita ada rapat susulan bersama BPIP, untuk merumuskan program kegiatan, sehingga dapat terukur dan tepat sasaran,” tutupnya.

Wakil rakyat tersebut juga mengapresiasi BPIP karena telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun anggaran 2019.

Dalam RDP tersebut juga diikuti sejumlah institusi dan lembaga lainnya seperti Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, dan Kantor Staf Presiden.(sir)