Ketua MPR Tanggapi Isu Kolaborasi Negara ASEAN dan China

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ketua Majelis Pemusyarakatan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet), menanggapi isu yang terkait dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI yang mengajak kolaborasi negara-negara di kawasan khusus diantaranya negara-negara ASEAN dan China, untuk mencegah dan memberantas wabah virus corona (Covid-19).

Selanjutnya mantan Ketua DPR RI 2014-2019 ini, juga mendorong Menlu agar dapat meningkatkan kolaborasi negara-negara dengan menjalin koordinasi yang kuat antarnegara, seperti menyediakan jalur komunikasi hotline antara ASEAN-China, untuk melakukan pertukaran informasi terbaru guna mencegah, mengendalikan, dan meminimalkan dampak wabah Covid-19.

Baca Juga

“Untuk mendorong dan memperkuat mekanisme, Pemerintah bekerjasama dengan ASEAN-China dalam menghadapi krisis wabah endemik (Covid-19), salah satunya dengan segera merealisasikan usulan pembentukan ASEAN-Cina Ad-Hoc Health Ministers Joint Task Force,” kata Bamsoet di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

Bamsoet menambahkan, pembentukan ‘ASEAN-China Ad-Hoc Health Ministers Joint Task Force’ bertujuan untuk memfokuskan kerjasama dengan melakukan pertemuan tim ahli dan mendorong riset serta produksi bersama untuk deteksi virus dan vaksin Covid-19.

Oleh karena itu, agar negara-negara ASEAN dan China untuk memperkuat strategi komunikasi, mengingat komunikasi dan edukasi publik terkait wabah Covid-19 sangat penting untuk mencegah kepanikan dan kebingungan masyarakat akibat wabah tersebut.(via)