Kapasitas Daerah Dinilai Perlu Diperkuat Untuk Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
Pengurus Apkasi menemui Mendagri Tito Karnavian (Apkasi)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kapasitas daerah termasuk sumber daya manusia di dalamnya dinilai perlu diperkuat dalam upaya pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19 dalam setahun terakhir.

“Untuk itulah kami menggelar Munas V Apkasi 2021 dan mengangkat tema perkuatan kapasitas daerah,” kata Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas, dalam keterangannya, Sabtu.

Baca Juga

BACA JUGA : Upaya Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Harus Konsisten dan Berkelanjutan – Nusadaily.com

Ia menambahkan kegiatan Munas V Apkasi 2021 mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Kolaborasi Pusat, Daerah, dan Swasta dengan Dukungan Kebijakan yang Berpihak”.

Pihaknya berharap upaya tersebut dapat menggugah semua pihak terkait untuk berupaya bersama mendorong perkuatan kapasitas daerah.

Rencananya Munas akan diselenggarakan pada 25 Maret 2021 secara hybrid di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta dan virtual yang bisa diikuti dari daerah masing-masing.

BACA JUGA : Ketua MPR RI Ajak KADIN Jawa Barat Bangkitkan Perekonomian Rakyat – Imperiumdaily.com

Apkasi bermaksud mengundang Mendagri dalam kegiatan Munas V 2021 sekaligus mengukuhkan kepengurusan Apkasi yang baru masa bakti 2021-2026.

Pengurus Apkasi juga telah melaporkan kepada Mendagri bahwa kepengurusan telah usai melakukan tugas di masa baktinya, yakni 2015-2020 sehingga kemudian perlu diselenggarakan Munas V Apkasi yang salah satu agenda utamanya adalah memilih kepengurusan yang baru.

​​​​Azwar mengatakan, sejumlah isu penting terkait penguatan kapasitas daerah. Di antaranya terkait turunnya dana transfer ke daerah dan masalah refokusing anggaran yang berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah.

BACA JUGA : Ada Sentra Perekonomian LIK di Perum Banjararum Malang Yang Raib – Javasatu.com

“Di sisi lain banyak PAD di beberapa daerah yang tidak memenuhi target. Karena kondisi pandemi yang masih kita rasakan hingga saat ini,” kata Anas.

Upaya Peningkatan Layanan

Hal lain yang juga menjadi isu di daerah adalah upaya peningkatan layanan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

“Kami memandang layanan SIPD ini harus terus ditingkatkan baik dari sisi kualitas SDM. Serta infrastruktur jaringan internet yang lebih stabil lagi di daerah,” katanya.

Azwar Anas juga menyampaikan sebelum dilangsungkannya Munas, pihaknya juga telah menyelenggarakan kegiatan Pra Munas yang diisi dengan diskusi panel menghadirkan narasumber Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Kamis (18/03) secara virtual.

“Kami berharap anggota Apkasi bisa memberikan masukan-masukan terkait persoalan daerah maupun substansi organisasi. Yang nanti dibahas dan disahkan di Munas V Apkasi sebagai rekomendasi Apkasi ke pemerintah pusat,” katanya.(lal)