Hari Valentine, Menkes Terawan Usul Sehatkan Indonesia Melalui Jamu

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Tanggal 14 Februari yang jatuh pada hari ini, dikenal sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Banyak orang yang merayakan hari ini dengan pasangannya dengan melakukan hal-hal romantis.

Contohnya saja memberikan hadiah berupa cokelat, bunga, atau barang kesukaan. Ada juga yang merayakan dengan candle light dinner.

Baca Juga

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), memberikan usul berbeda terkait hadiah yang bisa diberikan kepada pasangan di hari kasih sayang.

Pilihannya jatuh kepada jamu yang merupakan minuman tradisional khas Tanah Air. Hal itu diungkapkan pada acara Minum Jamu Bersama, Jumat 14 Februari 2020.

“Semoga menjadi dorongan minum jamu terutama di Hari Kasih Sayang ini. Bagi yang ingin menyayangi pasangannya, pakailah jamu,” kata Menkes Terawan di Lapangan Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Menteri kelahiran Sitisewu, Jogyakarta ini menjelaskan, jamu merupakan komplemen gaya hidup sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Bagi alumni Universitas Gajah Mada ini, jamu merupakan salah satu primadona Indonesia. Oleh karena itu, dia akan membangkitkan kembali kearifan lokal tersebut.

“Saya, akan terus membudayakan bagaimana pola hidup sehat dengan menyertakan jamu sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,” ujarnya

Bukan tanpa alasan dirinya menginginkan masyarakat konsumsi jamu setiap hari. Terlebih bahan-bahan pembuatan jamu ternyata sangat sederhana dan mudah didapatkan.

Kalaupun masyarakat tidak sempat menanam tumbuhan obat sebagai bahan dasar pembuatan jamu, maka bisa mendapatkannya di pasar. Selain itu, petunjuk penggunaan dan pembuatan jamu tersebar luas di masyarakat.

“Inilah yang menjadi mimpi saya, sehatkan Indonesia melalui jamu,” pungkasnya.(via)

Post Terkait

banner 468x60