Gandeng SDB, Disjasad Gelar Latihan Scuba Diving

  • Whatsapp
pelatihan menyelam
Jajaran personel Disjasad ini untuk melatih kemampuan personel di bidang scuba diving. Sebagai bagian dari tugas pokok dan tugas kemanusiaan. (Disjasad)
banner 468x60

NUSADAILY. COM – JAKARTA – Bersama dengan Sekolah Diving Bandung (SDB) yang berada di bawah Professional Association of Diving Instructors (PADI), Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad) menggelar pelatihan dasar scuba diving. Senin (17/5/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh jajaran personel Disjasad ini untuk melatih kemampuan personel di bidang scuba diving. Sebagai bagian dari tugas pokok dan tugas kemanusiaan.

Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat (Kadisjasad) Brigadir Jenderal TNI Khairul Anwar M, S.H., Tr. (Han) saat membuka pelatihan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting. Dihadapkan dengan tugas sebagai insan jasmani yang mempunyai tantangan khusus baik itu di gunung, hutan maupun di dalam air.

Baca Juga: Pantai Sumur Tiga, Bekas Peninggalan Jepang Kini Jadi Pantai Terindah di Sabang

“Untuk kawasan hutan dan gunung kita mengasah kemampuan dengan latihan mountaineering. Sedangkan di dalam air kita mengasah kemampuan menyelam (diving),” Ujar Kadisjasad.

Oleh sebab itu, dirinya meminta agar para prajurit bersungguh-sungguh dalam melaksanakan latihan itu. Ia juga mengimbau untuk bertanya hal-hal sekecil apapun kepada pelatih.

Baca Juga: Lettu Laut Muhadi yang Gugur dalam KRI Nanggala-402 Dikenal Sebagai Sosok Humoris

“Saya berharap setiap personel yang ikut kegiatan ini tidak diragukan kemampuannya,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa menyelam membutuhkan latihan yang intensif, terkontrol dan berkelanjutan.

Baca Juga: Pulau Maratua, Destinasi Romantis yang Cocok untuk Honeymoon

Karena, menurutnya menyelam bukan hanya sekedar menggunakan alat dan kemudian terjun ke dalam air. Namun harus mengikuti aturan yang benar dan aman agar resiko dalam kegiatan penyelaman dapat terhindarkan.

“Yang terpenting, untuk melaksanakan aktivitas penyelaman dibutuhkan pelatihan secara berjenjang dan terukur. Serta mengenal berbagai alat sesuai dengan perkembangan teknologi bidang penyelaman,” Tandas Kadisjasad.

Baca Juga: NTT Fokus pada Tiga Faktor Peningkatan Sektor Pariwisata di Tengah Pandemi

Sebagai informasi, Kegiatan latihan penyelaman ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 7 s.d. 8 Mei 2021. Latihan diawali dengan pengenalan secara teori berbagai teknik penyelaman yang dilaksanakan di Makodisjasad. Dilanjutkan dengan praktik penyelaman di kolam renang Tirta Yudha Pusdikjas.

Dan Kadisjasad Brigadir Jenderal TNI Khairul Anwar M, S.H., Tr. (Han) menjadi orang pertama praktek menggunakan alat pada saat penyelaman.

Baca Juga: Peluang Wisata Hantu di Indonesia, Akankah Banyak Diminati?

Kedepannya kegiatan ini akan berkelanjutan sampai para personel dapat menyelam di danau maupun di laut. Oleh sebab itu untuk tetap meningkatkan keterampilan penyelaman ini.

Disjasad akan tetap bekerja sama dengan SDB guna memelihara kemampuan dalam melaksanakan penyelaman. Bahkan sampai tingkat mahir atau instruktur, dan nantinya para personel tersebut dapat menjadi pelatih selam di satuan-satuan Jasmani Angkatan Darat. (sir/ark)