Fadli Zon: Mahasiswa Ambil Alih Awasi Pemerintah, karena Kedaulatan Partai Lebih Tinggi dari Kedaulatan Rakyat

  • Whatsapp
Foto: Kompas
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Fadli Zon, Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra  melihat positif gerakan mahasiswa yang mulai giat sebagai alat kontrol terhadap pemerintah. Ia menilai, gerakan mahasiswa mulai aktif setahun belakangan terlebih saat mengkritisi Undang-Undang Cipta Kerja.

Fadli mengatakan gerakan mahasiswa menjadi fase tersendiri di tengah legislatif yang justru tidak menjalankan fungsi pengawasan terhadap pemerintah, mengingat mayoritas partai di parlemen yang bekoalisi, mengkonsolidasi kekuatan bersama pemerintah.

Baca Juga

BACA JUGA: Peringati Hari Santri, Wapres Dorong Pesantren Dirikan Bank Wakaf Mikro

Dalam praktiknya, Fadli memandang Indonesia justru terkesan menerapkan sistem parlementer dibanding sistem presidensial.

“Sekarang oposisi menjadi minoritas sehingga kamar legislatif itu tidak menjadi channel perjuangan rakyat. Ini yang saya lihat, jadi lebih berat lah di sana. Apalagi kedaulatan partai kan lebih tinggi daripada kedaulatan rakyat di dalam praktiknya ini juga yang mungkin perlu dikoreksi ke depan,” tutur Fadli dalam webinar dengan Forum Jurnalis Politik, Kamis, 22 Oktober 2020.

Fadli menyebut gerakan mahasiswa sekaligus dapat mengambil alih fungsi DPR untuk mengawasi dan mengkritisi pemerintah yang belakangan ini tidak berjalan.

“Nah fungsi yang tidak jalan ini lah yang menurut saya diambil alih oleh gerakan mahasiswa dan gerakan mahasiswa maupun gerakan buruh, gerakan-gerakan lain yang turut jalan bahkan pelajar gitu ya. Dan menurut saya itu satu hal yang positif bagi demokrasi kita,” ujar Fadli.(sir/kal)

Post Terkait

banner 468x60