Anggota Komisi III DPR RI Rano Alfath, Dukung Presiden Angkat Komjen Listyo Sigit jadi Kapolri

  • Whatsapp
Anggota Komisi III DPR-RI, Moh. Rano Alfath. Istimewa
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Anggota Komisi III DPR-RI Moh. Rano Alfath mendukung keputusan Presiden Jokowi untuk mengangkat Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa purnabakti akhir bulan mendatang.

Menurut Rano, mantan ajudan Presiden Jokowi itu adalah sosok yang kompeten, inovatif serta merangkul ke semua kalangan. Legislator muda PKB ini menyebut, Sigit ketika menjabat sebagai kapolda Banten bisa berbaur dengan seluruh elemen masyarakat, Terbukti selama ia menjabat Kapolda, Banten aman dan kondusif.

“Saya sangat familiar dengan Komjen Sigit karena mitra dulu di Kapolda Banten. Meskipun dulu sempat ditolak oleh kalangan ulama, beliau (Red: Komjen Listyo) ini justru merangkul dan tidak segan-segan memberikan kontak personalnya untuk memastikan bahwa tak ada jarak antara tokoh agama, masyarakat, dan penegak hukum. Selama kepemimpinan beliau, tidak ada gejolak besar yang terjadi di tengah masyarakat. Baik persoalan radikalisme maupun kriminalitas yang lain,” paparnya saat dimintai pendapat oleh media, Kamis 14 Januari 2021

Selain itu, Rano juga menyoroti segudang prestasi yang ditorehkan Listyo Sigit, termasuk penanganan kasus kasus besar selagi ia menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

“Penyergapan buronan Djoko Tjandra, pengungkapan pelaku penyiram air keras Novel Baswedan, pengungkapan penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, hingga pengungkapan sabu sampai jutaan ton, dan masih banyak lagi. Pak Sigit orangnya gak neko-neko, meski berpribadi kalem tapi beliau tegas dan tidak pandang bulu dalam menegakkan hukum. Sosok yang sangat pas untuk memimpin Kepolisian Indonesia,” tambahnya.

Meski demikian, Rano tetap berpegang teguh dengan mekanisme dan sistem yang akan bergulir di DPR.

“Fit and proper test insya Allah minggu depan, saya dan rekan-rekan Komisi III akan melaksanakan hal tersebut dengan profesional dan terbuka,” tutup Rano. (sir/kal)

Post Terkait

banner 468x60