Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandametroTjahjo Kumolo Wafat, Puan Kenang sebagai Sosok Tenang dan Sederhana

Tjahjo Kumolo Wafat, Puan Kenang sebagai Sosok Tenang dan Sederhana

NUSADAILY.COM -JAKARTA – Meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo membuat banyak kalangan merasa kehilangan. Terlebih lagi bagi mereka yang sudah lama mengenal sosok politisi senior PDI Perjuangan itu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Di antaranya, Ketua DPR RI Puan Maharani, selain mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Menteri PAN RB itu. Ia juga mengaku sangat kehilangan. Karena baginya Tjahjo adalah politikus yang matang sekaligus senior yang banyak memberi teladan dan pelajaran bagi para juniornya, termasuk dirinya.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Saya sangat berduka. Pak Tjahjo sudah seperti keluarga sendiri. Saya memanggil beliau ‘Om’ karena sudah kenal  beliau sejak saya kecil sebagai teman orang tua saya. Bahkan anak-anak pun memanggil beliau dengan sebutan eyang,”  ucap Puan, kepada wartawan saat mengenang sosok Tjahjo Kumolo Jumat (1/7/2022).

“Saya kehilangan salah satu senior yang berpengaruh bagi perjalanan karier politik saya sampai hari ini. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk sanak keluarga yang ditinggalkan. Semoga beliau khusnul khatimah,” imbuhnya.

Ia juga menceritakan, Almarhum adalah orang yang sederhana tenang dan memiliki kecerdasan emosi. Serta mempunyai spiritualitas yang tinggi.

“Saat PDI Perjuangan di luar pemerintahan, kebetulan Om Tjahjo Sekjen Partai sekaligus Ketua Fraksi di DPR. Sungguh ketenangan dan kematangan berpolitik Om Tjahjo sangat terlihat ketika kami yang kala itu berada di luar pemerintahan harus mengambil keputusan-keputusan penting,” kenangnya.

Puan juga mengenang bagaimana Tjahjo terus mendampinginya sewaktu dia menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR pada 2012.

“Saat saya menggantikan tugas Om Tjahjo sebagai Ketua Fraksi, beliau tetap mendampingi saya di awal-awal. Bahkan ruangan beliau sengaja berhadap-hadapan dengan ruangan saya, agar selalu cepat koordinasi tentang sikap fraksi yang saat itu sangat krusial,” kenang Puan.

Sementara itu, rekan sejawatnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga ikut memberikan ucapan duka cita  atas kepergian Tjahjo Kumolo. Dikatakan pula jika dirinya merasa kehilangan. Karena sosok almarhum adalah sahabat yang pandai bergaul

“Saya banyak belajar dari almarhum, baik sebagai sesama aktivis yang berkiprah dari Jawa Tengah, maupun sebagai politisi dan birokrat. Almarhum sosok yang pandai bergaul dan terbuka,” Kata Menag kepada Wartawan

Ia juga mengatakan Hampir dua tahun bersama-sama membantu Presiden Joko Widodo, Menag mengaku cukup intensif berkomunikasi dengan almarhum, utamanya dalam konteks pelaksanaan reformasi birokrasi. Proses penyederhanaan birokrasi yang digawanginya menjadi legacy tentang bagaimana semestinya tata kepemerintahan dijalankan secara efektif dan efisien.

“Saya sampaikan duka mendalam atas wafatnya Almarhum. Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah Swt. Aamiin,” tutupnya.

Seperti diketahui, Tjahjo kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul.11.10 Wib .

Ia menghembuskan napas terakhirnya setelah dirawat secara intensif beberapa hari di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta.

Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan, Dengan prosesi acara dilaksanakan secara Militer.(sir/aka)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Survei YouGov: Orang Jerman Hindari Liburan ke Negara Ini Karena Persoalan Moral

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa banyak orang Jerman umumnya menghindari tujuan perjalanan tertentu karena masalah moral dan etika. Mengutip dari...