Menpora Larang GBK Dipakai pada 2023, Konser BLACKPINK hingga Raisa Terancam

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilarang dipakai tahun depan. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan itu menjadi bentuk persiapan Indonesia sebagai Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Menpora Larang GBK Dipakai pada 2023, Konser BLACKPINK hingga Raisa Terancam
BLACKPINK

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilarang dipakai tahun depan. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan itu menjadi bentuk persiapan Indonesia sebagai Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Larangan tersebut berimbas kepada beberapa kegiatan, seperti Timnas Indonesia dipastikan tidak bisa bermain di SUGBK untuk Piala AFF 2020. Tak hanya itu, konser BLACKPINK pada 11 dan 12 Maret 2023 juga terancam.

"Pasti enggak boleh," kata Zainudin di Jakarta, Rabu (2/11) menjawab pertanyaan soal pemakaian GBK.

"Jadi, semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan itu sudah disetujui oleh FIFA, November ini akan mulai direnovasi."

BACA JUGA : Timnas Indonesia Tidak Bisa Bermain di Stadion GBK untuk...

"Bagi yang sudah selesai, itu tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan lain. Itu clear betul. GBK itu kan punya negara," ujarnya menambahkan.

Zainudin menawarkan opsi stadion lain untuk dipakai, terutama untuk home base Timnas Indonesia saat Piala AFF 2022.

"Tidak boleh [pakai GBK]. Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk renovasi, itu sudah ditujukan untuk Piala Dunia. Kan banyak [stadion] yang tidak dipakai, kayak Pakansari, Patriot, itu kan tidak dipakai," ucap Zainudin.

Sementara itu, BLACKPINK akan konser di Jakarta, Indonesia pada paruh pertama 2023. Detail konser kini telah diumumkan iME Indonesia selaku penyelenggara di media sosial pada Jumat (28/10).

Berdasarkan unggahan tersebut, konser bertajuk BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] JAKARTA itu akan berlangsung pada 11 dan 12 Maret 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Konser tersebut memiliki jadwal yang berbeda, yakni pukul 19.00 WIB untuk konser BLACKPINK 11 Maret. Sedangkan konser pada 12 Maret akan dimulai pukul 18.30 WIB.

BACA JUGA : BLACKPINK Akan Konser di Indonesia pada 11 Maret 2023

Tiket pun akan mulai dijual pada 14 November untuk presale Weverse dan publik pada 15 November.

Indonesia merupakan salah satu negara yang akan dikunjungi BLACKPINK pada 2023.

Secara keseluruhan, BLACKPINK memulai tur dunianya pada 15 dan 16 Oktober di Seoul, Korea Selatan. Setelah itu, mereka akan terbang ke Amerika untuk konser di beberapa kota, seperti Dallas dan Houston pada Oktober 2022.

Selain BLACKPINK, Raisa juga berencana gelar konser tunggal di SUGBK pada 25 Februari 2023. Konser itu merupakan perwujudan dari yang awalnya direncanakan berlangsung pada 2020.

Namun, pandemi membuat rencana itu tertunda sekitar tiga tahun.(lal)