Menpora Dito Ariotedjo Kukuhkan Kontingen Olimpiade Paris 2024, 29 Atlet dari 12 Cabor Siap Berlaga.

 Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 resmi dikukuhkan Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) Dito Ariotedjo.Pengukuhan tersebut berlangsung di Ruang Auditorium Kemenpora Senayan Jakarta Rabu (10/7/2024).

Jul 11, 2024 - 06:05
Menpora Dito Ariotedjo Kukuhkan Kontingen Olimpiade Paris 2024, 29 Atlet dari 12 Cabor Siap Berlaga.
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024

NUSADAILY.COM.JAKARTA - Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 resmi dikukuhkan Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) Dito Ariotedjo.Pengukuhan tersebut berlangsung di Ruang Auditorium Kemenpora Senayan Jakarta Rabu (10/7/2024).

Kontingen Indonesia sendiri dalam pesta olahraga antar bangsa -bangsa sedunia ini menurunkan 29 atlet untuk 12 cabang olahraga (Cabor),dengan rincian 9 atlet bulutangkis, 4 atlet panahan,,4 atlet panjat tebing,, 3 atlet angkat besi dan 2 atlet renang, Sementara di cabor menembak, atletik, balap sepeda, judi, dayung , surfing dan senam Indonesia hanya mengirimkan masing masing 1 atlet.

“Tadi kita sudah melakukan pengukuhan kontingen  para atlet untuk Olimpiade Paris 2024. Kita akan memberangkatkan 29 atlet untuk 12 cabang olahraga.Sehingga jumlah kontingen kita berjumlah 86 orang,” kata Dito kepada awak media usai pengukuhan.

Menpora Dito menegaskan selain mengirimkan atlet, indonesia juga mengirimkan enam wasit yang akan terlibat dalam Olimpiade Paris 2024 tersebut. Mereka adalah,KS.Henry Indrayani  (menembak),,Sony Kasiran (angkat besi), Qomarul Lailiah (bulu tangksi), Pranata Arumbowo (loncat Indah), Herta Sekar Pandadsari (tennis) dan Boy Pohan (tinju).

“ Olimpiade kali ini ada enam cabor yang memiliki wasit yang berasal dari Indonesia. Kita juga berharap di Olimpiade Paris 2024 ini dapat memperoleh peringkat dan medali yang lebih baik dari sebelumnya,”ujarnya,

Dalam kesempatan tersebut Menpora Dito juga berharap agar cabor bulu tangkis kembali meraih medali emas,Begitu Pula dengan cabang olahraga panjat tebing yang berpeluang mendapatkan medali emas sehingga dapat mengharumkan nama bangsa.

“Untuk emas kita berharap dari badminton, ini terlihat dari hasil kualifikasi. Kita juga harus menjaga performa di di wall climbing dan weight lifting karena kedua cabor tersebut memiliki potensi besar mendapatkan medali,” ucap Menpora Dito.

Sebagai informasi, dijadwalkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 akan dilepas langsung Presiden Joko Widodo. Selain itu keberangkatan para atlet akan diberangkatkan secara bertahap.dan untuk tahap pertama akan dilaksanakan pada Sabtu (13/7/2024). (sir)