Menikmati Serunya Naik Bus Tingkat Sambil Keliling Jakarta, Gratis Pula

Bus Transjakarta sekarang ini tak hanya melayani perjalanan reguler tapi juga memiliki bus wisata Jakarta Explorer. Rute yang dimiliki saat ini ada 7 rute

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Seru itulah hal yang drasakan saat naik bus keliling Jakarta, Naik bus tingkat ini nggak ada biaya alias gratis dan akan dibawa menikmati tempat eksotis di Jakarta.

Bus Transjakarta sekarang ini tak hanya melayani perjalanan reguler tapi juga memiliki bus wisata Jakarta Explorer. Rute yang dimiliki saat ini ada 7 rute, yaitu BW1 (Sejarah Jakarta), BW2 (Jakarta Modern), BW3 (Kesenian dan Kuliner), BW4 (Pencakar Langit), BW5 (Ruang Terbuka), BW6 (Cagar Budaya Jakarta), BW7 (Belanja Jakarta).

BACA JUGA : Relawan Go-Anies Pamer ‘Nyablon Bus’ saat Deklarasi

Bus beroperasi pada akhir pekan mulai pukul 10 pagi dan 12 siang untuk beberapa rute. Namun pada hari kerja kita juga bisa menikmati beberapa rute dari Jakarta Explorer ini.

Saya mencoba menaiki bus pada hari Jumat dan bus yang beroperasi adalah rute BW2 dan BW4. Saya menaiki bus BW2 (Jakarta modern) yang rutenya melewati Monas-IRTI-Balaikota-Sarinah-Plaza Indonesia-Menara Topas-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda/Istiqlal. Perjalanan tidak lebih dari 1 jam dan Penumpang bisa naik/turun di halte-halte tersebut.

Bus ini merupakan bus double decker sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan lebih leluasa dari lantai atas. Tidak dikenakan biaya untuk naik bus ini alias gratis tapi teman-teman traveler tetap perlu membawa kartu elektronik untuk di-tap.

BACA JUGA : Bus Jemaah Umrah Kecelakaan di Makkah 2 WNI Menunggal Dunia

Namun sayangnya di hari itu tidak terdapat penjelasan mengenai tempat-tempat yang dilewati baik melalui audio maupun staf. Akan lebih baik jika penumpang bisa mendapatkan informasi tersebut terlebih bagi wisatawan dari luar Jakarta agar bisa mengenal ikon-ikon di Jakarta. Secara keseluruhan, saya menikmati berkeliling Jakarta dengan bus Jakarta Explorer ini.(ros)