Menhub Ungkap Proyek Kereta Cepat Lanjut Sampai Surabaya, Ini Rutenya

Pemerintah berencana melanjutkan proyek kereta cepat. Setelah Jakarta-Bandung, proyek kereta cepat akan dilanjutkan hingga Surabaya.

Menhub Ungkap Proyek Kereta Cepat Lanjut Sampai Surabaya, Ini Rutenya
EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Dok. KCIC

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pemerintah berencana melanjutkan proyek kereta cepat. Setelah Jakarta-Bandung, proyek kereta cepat akan dilanjutkan hingga Surabaya.

Dengan adanya kereta cepat, Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dengan waktu 4 jam. Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya ini akan melewati sejumlah wilayah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, perencanaan kereta cepat Jakarta-Surabaya sedang disusun. Menurutnya, perencanaan itu tak mungkin dilakukan tanpa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA: Menhub Sebut Proyek Kereta Cepat Bakal Diperpanjang hingga Surabaya


Budi bilang, proyek tersebut rencananya melintasi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo hingga Surabaya.

"Kita kawal bener kereta cepat ini. Konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, karena nggak mungkin tanpa PU kita jalanin. Jadi rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Jogja, Solo, Madiun, Surabaya 4 jam," jelasnya dalam acara Seminar Nasional 'Sustainable Smart Transportation', Kamis (27/10/2022).

Budi Karya mengatakan akan mengawal proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tersebut. Dia juga menuturkan, semakin banyak yang mengawal proyek ini maka akan semakin bagus.

"Pak Presiden sebagai pemimpin yang visioner meletakkan dasar-dasar MRT, yang kami kawal berikutnya akan meletakkan dasar-dasar kereta cepat. Rencananya Jakarta-Surabaya, Jakarta-Surabaya ditempuh kurang dari 4 jam," katanya.

BACA JUGA: Tak Hanya Jakarta-Bandung, Menhub Sebut Proyek Kereta Cepat Akan Lanjut Sampai Surabaya


"Tahap pertama kita membuat Jakarta-Bandung nah ini harus dikawal, makin banyak yang mengawal makin bagus," tambahnya.

Menurut Budi Karya, pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya bisa dilakukan.

"Kereta cepat juga gitu membangunnya kok Jakarta-Bandung ya, banyak koknya gitu, tapi kalau kita yakin bahwa ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya, bayangkan 4 jam," terang Budi Karya.(eky)