Mengenal Fakta Unik Gunung Semeru yang Sedang Berstatus Awas

Gunung semeru di Jawa Timur kembali erupsi, Minggu (4/12/2022) sejak pukul 02.46 WIB. Awan panas guguran terus meluncur sampai 7 kilometer dari puncak. Akibatnya ribuan warga mulai mengungsi. Status Gunung Semeru kini dinaikkan dari Level 3 atau Siaga jadi Level IV atau Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB tadi.

Mengenal Fakta Unik Gunung Semeru yang Sedang Berstatus Awas
Gunung Semeru di Jawa Timur (Foto: Avirista Midaada)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Gunung semeru di Jawa Timur kembali erupsi, Minggu (4/12/2022) sejak pukul 02.46 WIB. Awan panas guguran terus meluncur sampai 7 kilometer dari puncak. Akibatnya ribuan warga mulai mengungsi. Status Gunung Semeru kini dinaikkan dari Level 3 atau Siaga jadi Level IV atau Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB tadi.

Semeru yang ketinggiannya mencapai 3.676 Meter dari Permukaan Laut (MDPL), merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak tertingginya disebut Mahameru. Semeru termasuk salah satu gunung favorit pendaki karena punya pemandangan alam menakjubkan.

Gunung ini terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Gunung Semeru memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Tak heran, gunung ini sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film 5 cm yang sempat menjadi trending topik kalangan anak muda Indonesia. Sejak film itu tayang semakin banyak pendaki yang datang untuk menikmati keindahan gunung satu ini.

Sejak dulu, pesona gunung Semeru memiliki daya pikat yang dipunya sehingga pendaki dari seluruh penjuru Nusantara hingga dunia datang silih berganti membuktikan sendiri kebenaran tersebut. Puncaknya yang bernama Mahameru dikenal sebagai puncak abadi para dewa. Mahameru hanya boleh disinggahi hingga maksimal jam 10 pagi.

Keunikan Gunung Semeru

Selain memiliki pesona dan daya tarik, gunung Semeru juga memiliki salah satu keunikan, yakni kawahnya yang selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15 - 20 menit sekali, menimbulkan kepulan asap abu bahkan kadang-kadang bercampur batu kerikil ke udara.

Untuk dapat mendaki ke puncak Mahameru diperlukan persiapan fisik dan logistik yang matang, juga pengetahuan pendakian yang memadai. Di puncak Gunung Semeru Anda bisa melihat panorama kawah Jonggring Saloko yang merupakan kawah puncak di Gunung Semeru.

Kawah ini memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 m di bagian sebelah selatan yang mendobrak tepi kawah sehingga menyebabkan aliran lava menyusuri tepi selatan mengarah ke daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, gunung ini juga kaya akan vegetasi dan menjadi habitat bagi banyak jenis fauna. Sepanjang perjalanan mendaki, di titik-titik tertentu Anda bisa menemukan bunga edelweiss dan anggrek endemik Semeru.

 Tak hanya sampai disitu, Anda juga bisa bermalam dulu di tepian Ranu Kumbolo yang dijuluki surga gunung Semeru, setelah melakukan setengah perjalanan pendakian.

Saat cuaca cerah, gemintang yang tampak dari danau ini seolah bisa kau rengkuh. Sampai di Kalimati, suguhan view epik puncak Mahameru yang menjadi penyulut semangat.

(roi)