Mencari Tahu Nasib Konser NCT 127 Hari Ke-2 usai Hari Pertama Dihentikan Paksa

Kejadian dorong-mendorong tersebut mencuri perhatian para member NCT 127 dan langsung meminta para penggemar di area festival untuk mundur beberapa langkah di tengah menyanyikan salah satu lagunya.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Konser boygroup Korea Selatan NCT 127 hari pertama di ICE BSD pada Jumat (4/11) malam diberhentikan paksa akibat aksi dorong-dorongan antara para penggemar ke arah panggung hingga menyebabkan 30 penonton pingsan.

Padahal, konser ini tidak melebihi kapasitas. Pihak kepolisian menyebut bahwa tiket konser NCT 127 yang terjual sekitar 8.000 unit dari kapasitas tempat yang mencapai 10.000 orang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan konser NCT 127 yang awalnya direncanakan selesai pukul 22.00 WIB terpaksa dihentikan atas pertimbangan keselamatan penonton.

"Dihentikan pukul 21.20 WIB oleh kepolisian dilakukan oleh Kapolres Tangsel yang pimpin di sana dengan pertimbangan keselamatan penonton," kata Zulpan saat dihubungi, Jumat (4/11).

"Karena, di situ terjadi penonton yang mencoba mendekat ke panggung utama mendekati penyanyi sehingga terjadi dorong-dorongan sehingga ada yang pingsan 30 orang di situ," lanjutnya.

Kejadian dorong-mendorong tersebut mencuri perhatian para member NCT 127 dan langsung meminta para penggemar di area festival untuk mundur beberapa langkah di tengah menyanyikan salah satu lagunya.

"Sesuai perjanjian antara kami (polisi) dengan pihak promotor, karena sudah lebih dari 30 orang yang pingsan maka sesuai dengan kesepakatan dan juga demi keamanan dari rekan rekan sekalian, untuk itu kami dari kepolisian menghentikan kegiatan ini.," kata pihak kepolisian dari atas panggung, Jumat (4/11).

Kejadian ini berlangsung saat NCT 127 membawakan lagu Paradise ketika para member menyebar ke semua sisi panggung dan membagikan bola-bola kepada para penggemar.

Kemudian, salah satu member NCT 127 sekaligus sang leader, Taeyong, seketika meminta para member untuk berhenti bernyanyi.

"Sebentar, sebentar. Tolong yang di depan mundur," pinta Taeyong.



Member-member lainnya pun tampak khawatir karena para penggemarnya mulai berjatuhan. Salah satu dari mereka pun sangat meminta penonton untuk tidak dorong-dorongan dan mementingkan keselamatan.

Salah seorang penggemar menceritakan kronologi aksi dorong-dorongan antarfans. Ia merupakan penonton dari kategori 1D yang berdiri di baris keempat dari depan panggung.

Sebelumnya ia sudah menerima peringatan bakal ada aksi dorong-dorongan apabila member NCT 127 mendekat ke panggung.

"Pas mau lempar bola, mereka maju, rebutan, kedorong ke belakang. Saya jatuh. Jadi ada satu kawan, ada sekitar 10 orang," ungkapnya.

Penggemar yang enggan namanya disebutkan ini kemudian mengatakan bahwa kerumunan menjadi barbar dan juga telah menegur penonton yang dorong-mendorong.

Pada Sabtu (5/11) dini hari, pihak promotor konser NCT 127 2ND TOUR 'NEO CITY : JAKARTA - THE LINK di ICE BSD menyampaikan bahwa pelaksanaan konser hari kedua akan tetap dilaksanakan dengan tambahan pasukan keamanan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Karena keselamatan dan pengalaman menonton konser yang aman adalah hal yang kami inginkan, untuk day 2 kami akan menambahkan lebih banyak petugas paramedis dan juga tenaga keamanan," tulis pihak Dyandra Global dalam pernyataanya.

Dyandra juga menyebut mereka terus bekerja sama dengan pihak kepolisian setempat dan "berusaha untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan terulang kembali."(han)