Melihat Keseriusan Indonesia yang Bakal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Indonesia disebut sangat serius dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Sejauh apa?

Melihat Keseriusan Indonesia yang Bakal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036
Foto: Getty Images/Scott Heavey

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Indonesia disebut sangat serius dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Sejauh apa?

Setelah gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia memang terus berupaya untuk dapat menyelenggarakan multievent terakbar di dunia itu di masa depan.

BACA JUGA: Skater Liu Bersaudara Dapat Restu Ubah Kewarganegaraan untuk Perkuat China


Menyelenggarakan Olimpiade di tahun 2036 pun dinilai sebagai waktu yang tepat untuk mengajukan diri kembali menjadi host penyelenggaraan multi ajang empat tahunan tersebut.

Apalagi, Presiden RI Joko Widodo telah menyatakan langsung kesediaan dan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Sembari mempertegas itu, Menpora Zainudin Amali pun menyatakan hal yang sama. Indonesia disebut sangat serius dalam menyiapkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ia percaya diri lantaran sudah mengantongi banyak pengalaman menyelenggarakan event olahraga tingkat internasional.

"Kita sangat serius untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Jadi kalau ditanya seberapa serius, kita sangat serius," ujar Menpora Zainudin Amali dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/11/2022).

Amali pun menyebutkan sejumlah penyelenggaraan multi ajang olahraga yang sukses digelar oleh Indonesia. Di antaranya, Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Pesta olahraga diklaimnya berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.

Tak hanya itu, Menpora asal Gorontalo itu juga menyebut kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan World Superbike hingga MotoGP di Mandalika. Tak ayal, ia pun percaya diri Indonesia mampu memenuhi persyaratan untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2036.

"Berdasarkan banyaknya penyelenggaraan kelas dunia yang telah sukses di Indonesia, kami siap memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036 mendatang. Itu harapan kami," jelas Menpora.

Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach merespons rentetan kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah multievent dan single event olahraga sebagai modal yang bagus dalam melangkah ke depan.

"Saya melihat banyak potensi untuk menggelar event yang sukses di Indonesia. Tentu juga di support dengan kesuksesan Asian Games di Indonesia yang membuat kagum bukan hanya Asia tapi juga dunia internasional," kata Bach.

BACA JUGA: Petugas Polisi di Berlin Mengalami Luka usai Bentrok dengan Suporter Hertha BSC


Bach juga memberi apresiasi dan pujian atas pernyataan Presiden Joko Widodo tentang tekad membawa olahraga sebagai alat pemersatu. Hal tersebut, bilangnya sesuai dengan semangat Olimpiade selama ini.

"Sesuai pernyataan dari Presiden Joko Widodo telah memberikan spirit Olimpiade yaitu untuk persatuan olahraga, olahraga bisa berkontribusi dalam persatuan dan kebersamaan," kata Bach.(eky)