Massa Perangkat Desa Gelar Aksi Demo di Depan Gedung DPR, Warga Keluhkan Macet di Sekitar TKP

Sejumlah warga di media sosial mengeluhkan macet dan kepadatan lalu lintas di area demonstrasi imbas bus-bus peserta demo yang diparkir di kawasan Stadion GBK.

Massa Perangkat Desa Gelar Aksi Demo di Depan Gedung DPR, Warga Keluhkan Macet di Sekitar TKP
Gedung DPR MPR. Massa perangkat desa geruduk DPR siang ini soal masa jabatan kades.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Massa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) akan menggelar aksi demo di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (25/1).

Sejumlah warga di media sosial mengeluhkan macet dan kepadatan lalu lintas di area demonstrasi imbas bus-bus peserta demo yang diparkir di kawasan Stadion GBK.

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mencegah kepadatan kendaraan.

"Itu demo PPDI, Persatuan Perangkat Desa Indonesia," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi.

BACA JUGA : Demo Jakarta Hari Ini, Ada Pengalihan Arus di Jalan Gatot...

Sementara itu, dalam unggahan akun Instagram @tmcpoldametro, pengalihan arus lalu lintas di depan Gedung DPR dimulai pada pukul 08.00 WIB

Masih dalam unggahan itu, kepolisian juga mengimbau kepada pengguna jalan yang akan menuju ke Gedung DPR untuk mencari jalan alternatif.

"Alih Arus Seputaran GD. DPR / MPR RI dalam rangka Penyampaian Pendapat pada Hari Rabu 25 Januari 2023," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

Usulan perpanjangan masa jabatan kepala desa muncul ketika demonstrasi digelar pada Selasa lalu (17/1). Kepala desa yang tergabung dalam Papdesi (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ramai-ramai datang ke Jakarta untuk Berdemonstrasi di depan Gedung DPR RI, Jakarta.

Mereka menuntut perpanjangan masa jabatan kepala desa yang sebelumnya enam tahun menjadi sembilan tahun. Mereka meminta DPR merevisi masa jabatan yang diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Namun demikian, PPDI merupakan massa yang dinilai kontra terhadap wacana tersebut.

BACA JUGA : Segelintir Orang Menamakan Diri AMKAB Demo Tolak Kedatangan...

PPDI masuk dalam tiga asosiasi pemerintah desa yang menilai wacana perpanjangan masa jabatan kepala desa menjadi sembilan tahun jadi terlalu bernuansa politis. Ketiga asosiasi itu masing-masing Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas), dan Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PPDI).

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

- Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri ke Jalan Gerbang Pemuda
- Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah gedung DPR/MPR diputar balik di kolong layang Farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda
- Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang
- Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar
- Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika diluruskan ke Jalan Gelora
- Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gelora Gelora di belok ke kiri Jalan Asia Afrika
- Arus lalu lintas dari arah Slipi menuju Jalan Gerbang Pemuda ditutup diluruskan arah Semanggi
- Apabila terjadi kepadatan bus di pintu 10 yang akan parkir di GBK maka sebelum simpang susun Semanggi dibelokkan ke kiri arah Bundaran Senayan dan diarahkan masuk melalui pintu 7 GBK.(lal)