Massa Demo di Patung Kuda Bubarkan Diri Usai Diterima Berdialog di Istana

Massa demo buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di Patung Kuda, Jakarta Pusat, membubarkan diri. Massa bubar usai perwakilan buruh diterima untuk berdialog di Istana Negara.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Massa demo buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di Patung Kuda, Jakarta Pusat, membubarkan diri. Massa bubar usai perwakilan buruh diterima untuk berdialog di Istana Negara.

Pantauan di lokasi, Jumat (28/10/2022), massa buruh mulai meninggalkan kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, pukul 13.55 WIB. Dua mobil komando tampak melaju meninggalkan Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.

BACA JUGA: BEM SI Gelar Demo di Patung Kuda Siang Ini, 1.600 Personel Polisi Disiagakan


"Jadi karena sudah pasti mereka sudah masuk dengan tertib dan kami juga harus menjaga ketertiban umum, kami sebentar lagi mau membubarkan diri," kata Presiden KSBSI, Elly Rosita Silaban, kepada wartawan di lokasi.



Elly mengatakan ada sekitar 200 anggota KSBSI yang ikut berdemonstrasi hari ini. Elly memilih tak ikut masuk ke Istana lantaran perwakilan tak ditemui langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi kami akan melihat prosesnya seperti apa, memang maunya kita dengan Presiden. Tapi karena tidak dengan Pak Presiden, saya nggak mau masuk, kan head to head, jadi tuntutan kami sampai," ujarnya dikutip dari detikcom.

Dia mengatakan KSBSI sengaja membatasi massa agar tak mengganggu aktivitas lalu lintas selama demo berlangsung. Dia menyebut ada 10 perwakilan KSBSI yang diterima oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko.

"Kita batasi massanya, dialog yang kita butuhkan, kami diterima kami bawa tuntutan, diterima ada sekitar 10 orang," ucapnya.

"Sebenarnya izin kita kemarin sekitar 300, cuma ada beberapa yang membatalkan diri karena mereka udah tahu kita diterima, kan isunya udah ada dari beberapa hari yang lalu. Jadi kalau nggak salah sekitar 200-an," lanjutnya.

BACA JUGA: Demo Peringati 40 Hari Kematian Mahsa Amini di Iran Bentrok

Berikut tuntutan demo KSBSI:

1. Menerbitkan Perppu mengeluarkan Klaster Ketenagakerjaan dari UU No 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja dan menyatakan pasal-pasal yang dihapus dan diubah dalam UU Ketenagakerjaan berlaku kembali

2. Mencabut Peraturan Pemerintah No 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan

3. Memberikan regulasi perlindungan sosial yang adaptif berbasis sistem jaminan sosial yang menyeluruh bagi semua golongan buruh/pekerja termasuk pekerja platform sebagaimana isu L20

4. Membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM)

5. Membuat regulasi dan menegakkan keadilan iklim dan transisi yang adil untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim

6. Ratifikasi Konvensi ILO No 190 tentang Stop Pelecehan dan Kekerasan dalam dunia kerja dan No 155 tentang K3.(eky)