Masa Lebaran KLHK Prediksi Tumpukan Sampah Capai 49.520 Ton, Ini Antisipasinya

Untuk mengatasi lonjakan sampah. Di. Momen hari raya, KLHK telah menerbitkan Surat Edaran ( SE) nomor SE 2/MENLHK/PSLB3/PLB.2/4/2023 Tentang Pengendalian Sampah dalam Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Apr 19, 2023 - 07:11
Masa Lebaran KLHK Prediksi Tumpukan Sampah Capai 49.520 Ton, Ini Antisipasinya
Menteri LHK Siti Nurbaya bersama aparat saat sidak.

NUSADAILY. COM - JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) memperkirakan akan terjadi timbunan sampah di rentang dua minggu masa mudik lebaran. Diprediksi timbunan itu akan mencapai 49.520 ton dari 123 juta orang yang melakukan mudik lebaran. 

Untuk mengatasi lonjakan sampah. Di. Momen hari raya, KLHK telah menerbitkan Surat Edaran ( SE) nomor SE 2/MENLHK/PSLB3/PLB.2/4/2023 Tentang Pengendalian Sampah dalam Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 2023. 

Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan Surat edaran itu bertujuan untuk. memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah guna mengurangi timbulan sampah ke TPA. Selain itu juga untuk memperkuat partisipasi publik dalam upaya pengurangan sampah melalui Pelaksanaan Ramadan Minim Sampah, Idul Fitri Minim Sampah dan Mudik Minim Samp

Tidak hanya itu SE itu juga untuk memperkuat komitmen dan peran aktif produsen/pelaku usaha dalam upaya pengurangan dan penanganan sampah," jelas dalam keterangannya Selasa (18/ 4/2023 ). 

Maksud lainnya,  kata Menteri Siti  adalah guna melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah. Serta melakukan komunikasi, menyebarkan informasi dan melaksanakan edukasi kepada masyarakat dan media massa terkait pengelolaan sampah melalui media cetak, media elektronik dan/atau media sosial selama rangkaian bulan suci Ramadan, mudik dan Hari Raya Idul Fitri. 

Selain itu, KLHK juga aktif melakukan  kampanye Minim Sampah sejak memasuki bulan suci Ramadan dan dilanjutkan dengan Lebaran Minim Sampah dengan mengacu pada surat edaran. Untuk pelaksanaan di lapangan  KLHK melakukan penyebaran informasi, menyediakan saran prasarana dan melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah pada lokasi pelaksanaan mudik.

"Pada kegiatan Lebaran Minim Sampah kedepan akan berisi himbauan untuk melaksanakan hantaran minim sampah; melaksanakan zakat minim sampah; dan melaksanakan sholat Ied minim sampah," tutup Menteri Siti. (sir)