Manfaatkan Sludge Pabrik Indolakto, Lahan Tidur Yon Armed Jadi Kebun Sayur

Manfaatkan Sludge Pabrik Indolakto, Lahan Tidur Yon Armed Jadi Kebun Sayur

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Kolaborasi PT Indolakto Purwosari bersama Batalyon Artileri Medan 1 (Yon Armed) Malang dalam peningkatan sentra ketahanan pangan membuahkan hasil. Melalui pemanfaatan sludge IPAL PT Indolakto sebagai media tanam, berhasil menjadikan lahan tidur di Yon Armed menjadi lahan produktif.

Kolaborasi yang diberi nama ARINDO ini menghasilan tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya, menghasilkan sayur-sayuran seperti sawi, terong, kubis dan sebagainya. Keberhasilan ini ditandai dengan panen perdana oleh ibu-ibu Persit Yon Armed Malang.

Kegiatan panen sayur bersama ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan ketahanan pangan anggota dan masyarakat dalam hal kebutuhan akan sayuran. Termasuk memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan sebagai lahan produktif.

“Kebun ini dulunya lahan tidur yang tidak difungsikan, namun dengan kerja sama, berubah menjadi sentra ketahanan pangan. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggota dan juga masyarakat,” kata Ketua Persit Yon Armed Malang, Reni Arief Budiman.

Dikatakan, kerjasama yang sangat luar biasa. Sebab, hasil dari penanaman bibit sayur yang memanfaatkan sludge sebagai media tanam, merupakan pertanian organik tanpa pestisida. Hal ini bisa menghemat pengeluaran belanja sayur.

Kakorum Kapt Arm A. Saiful Amri mengaku bersyukur karena satuan Yon Armed 1 Kostrad sukses melaksanakan panen raya bersama di Sentra Ketahanan Pangan. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh prajurit, Persit, dan warga Yonarmed 1 Kostrad.

“Hasil panen raya ini kami dibagikan untuk masyarakat sekitar asrama. Semoga hasil panen raya ini bermanfaat dan dapat memotivasi warga Yonarmed 1 Kostrad untuk memanfaatkan pekarangan rumah agar ditanami sayur-sayuran”, ujarnya.

Panen raya ini sebagai bukti bahwa sludge IPAL aman dan telah melalui proses pengujian secara komprehensif. Sehingga, pemanfaatan sebagai media tanam dapat dilakukan di berbagai lahan bahkan pada lahan tidur sekalipun.

“Kami berterima kasih kepada Yon Armed Malang yang sudah berkolaborasi dan membuktikan sludge kami memberikan manfaat. Setelah diolah, sludge kami bisa membuat tanaman lebih subur, sehat dan cepat berkembang,” kata Sri Agus, WWTP Manager PT. Indolakto.

Yasman Suparyo, HRGA Manager PT Indolakto berharap kolaborasi ARINDO ini bisa membawa dampak positif bagi Yon Armed dan masyarakat sekitar, khususnya dalam membantu lahan-lahan tidur, agar dapat difungsikan kembali untuk penanaman tumbuhan. (oni)