Listrik di Garut Sudah Pulih Usai Diguncang Gempa M 6,1

57 gardu distribusi telah berhasil beroperasi kembali setelah sebelumnya mati karena gempa

Listrik di Garut Sudah Pulih Usai Diguncang Gempa M 6,1
Gempa garut / ist

NUSADAILY.COM – GARUT - Beberapa jaringan kelistrikan PLN sempat terganggu imbas gempa 6,1 SR di Garut. Hal ini membuat listrik ribuan masyarakat terdampak pemadaman.

Pagi ini PLN mengklaim telah berhasil memulihkan 100% gardu distribusi yang terdampak gempa di Garut, Jawa Barat. Per Sabtu malam kemarin, pukul 23.49 WIB, 57 gardu distribusi telah berhasil beroperasi kembali setelah sebelumnya mati karena gempa. Seiring dengan itu pasokan listrik ke sekitar 9.774 pelanggan kembali normal.

BACA JUGA : Gempa Cianjur Tewaskan 344 Orang, Gempa Garut Belum Ada...

Dilansir dari detik.com, gempa di Garut pada Sabtu sore dilaporkan telah menyebabkan gangguan pada jaringan listrik yang tertimpa pohon tumbang. Kondisi ini turut berdampak pada sistem kelistrikan di sebagian wilayah Kabupaten Garut, terutama di wilayah Pamengpeuk.

Manager UP3 Garut, Nurhidayanto Nugroho menyampaikan hujan lebat menjadi kendala pemulihan. Pihaknya mengutamakan keselamatan petugas dan masyarakat dalam penormalan kelistrikan.

“Alhamdulillah, saat ini gardu distribusi sudah kembali pulih dan seluruh pelanggan di wilayah Pamengpeuk yang terdampak sudah menyala kembali," terang Nugroho dalam keterangannya, Minggu (4/12/2022).

PLN menghimbau, bagi masyarakat yang memerlukan informasi mengenai kelistrikan dan menyampaikan pengaduan dapat mengakses aplikasi PLN Mobile.

BACA JUGA : Geger, Gempa Garut Guncang Jakarta, Warga Cianjur Berhamburan

Sebagai informasi, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bermagnitudo (M) 6,1 yang berpusat di dekat Garut Jawa Barat tadi dirasakan sampai jauh. Kawasan Trenggalek Jawa Timur ikut merasakan getaran lindu itu.

Analisis disampaikan oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/12/2022).

Gempa terjadi pukul 16.49.41 WIB tadi di selatan Garut. Gempa ini tergolong gempa tektonik dengan parameter update M 6,1. Sebelumnya, gempa disampaikan BMKG bermagnitudo (M) 6,4.(ros)