Lion Air Mengalami Masalah Mesin saat Terbang Mengangkut 169 Penumpang dan 6 Kru

Pesawat Lion Air JT-330 yang mengalami masalah mesin saat terbang diketahui mengangkut sebanyak 169 penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Palembang, Rabu (26/10).

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pesawat Lion Air JT-330 yang mengalami masalah mesin saat terbang diketahui mengangkut sebanyak 169 penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Palembang, Rabu (26/10).

Pesawat yang turut mengangkut 6 kru itu lepas landas sekitar pukul 17.13 WIB. Lion Air memastikan fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

"Ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya.

BACA JUGA : Kronologi Pramugari Wings Air Jadi Korban Pelecehan Seksual di Kamar Mandi Pesawat

Atas alasan demi keselamatan tersebut, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Pesawat mendarat secara normal dan aman.

Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal," ujar Danang.

Lion Air, kata Danang, juga telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain. Lion Air menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku.

"Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB," ujar Danang.

BACA JUGA : Diduga Ditipu Waktu Take Off Pesawat, Ini Pesan Ari Lasso untuk Batik Air

Diberitakan sebelumnya, Pesawat Lion Air JT330 rute Tangerang - Palembang mengalami masalah pada mesin kiri saat lepas landas, Rabu (26/10) pukul 17.13 WIB.

Roesdi, Corsec AirNav Indonesia mengatakan setelah mengudara 33 menit pesawat terpaksa kembali lagi ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Pukul 17.14 ada laporan gangguan pada mesin dan meminta mendarat. Pukul 17.46 kembali ke Bandara Soekarno-Hatta," kata Roesdi dilansir dari CNNIndonesia.com.(lal)