Waspada Curankor, Maling Korek bisa Dipenjara Lho!

  • Whatsapp
Foto: Nusadaily.com
banner 468x60

JAKARTA – Curankor, Istilah ini diserap dari akronim tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yang sangat kerap terjadi, curanmor. Lalu publik mengistilahkan para pencuri korek dengan sebutan curankor.

Baca Juga

Jika merujuk kepada KBBI edisi terbaru, mencuri termasuk kata kerja. Mencuri berarti mengambil milik orang lain tanpa izin atau dengan tidak sah, biasanya dengan sembunyi-sembunyi.

Berkaca dari makna tersebut, Curankor akan terjadi jika seseorang dengan sengaja mengambil korek orang lain dengan tujuan dimiliki sendiri.

Aksi curankor biasanya terjadi ketika ada sebuah perkumpulan yang di dalamnya ada perokok. hal tersebut sering terjadi di warung kopi, pos ronda, bahkan tempat kerja.

BACA JUGA: Rekomendasi Tembakau untuk Kretekus Sekte Tingwe

Kadang ada perasaan bangga ketika berhasil mencuri korek, bahkan kerap memamerkan hasil pencurian koreknya kepada orang lain. Kadang pula setumpuk korek ada di kamar, seperti sebuah koleksi hasil pencurian korek.

Motifnya bisa bermacam-macam. Bisa karena iseng, bisa karena memang tak memiliki korek dan butuh korek lalu mencuri korek. Bisa juga karena tertarik dengan jenis korek yang dimiliki orang lain, lalu hendak memilikinya karena tak bisa atau tak mampu membelinya.

Karena nilainya yang tak seberapa, pencurian korek berlalu begitu saja. Namun, apakah pencuri korek bisa dipidana?

Pada tahun 2012 lalu telah terbit Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 2 Tahun 2012 tentang Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan Dan Jumlah Denda Dalam KUHP. Dimana Perma tersebut membuat penyesuaian atas nilai ekonomis suatu barang yang dicuri, disaat KUHP dibuat, nilai ekonomis barang yang dicuri telah berubah dengan kondisi sekarang ini.

Namun, Bayangkan saja jika setiap kasus dilaporkan ke polisi, bisa dipastikan ada jutaan orang yang harus terancam pasal 362 atau 364 KUHP.

Bisa dipastikan, seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia akan kerja lembur untuk menangani kasus itu.

Jadi, untuk mengantisipasi sakit hati gara-gara curankor, lebih baik jagalah korek yang dimiliki seperti menjaga pasangan sendiri. (kal)

Post Terkait

banner 468x60