Kamis, Mei 26, 2022
BerandaLifestyleTravelUjung Kulon National Park, Taman Tertua di Indonesia yang Jadi Habitat Badak...

Ujung Kulon National Park, Taman Tertua di Indonesia yang Jadi Habitat Badak Jawa

NUSADAILY.COM – BANTEN – Jika kemarin nusadaily.com telah mengulas tentang Alas Purwo di ujung timur Pulau Jawa, kali akan ke Ujung Kulon yang berada di paling barat pulau Jawa. Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Melansir wisatabantenmadani.com,  sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Badak Jawa merupakan hewan khas dari Taman Nasional ini dan termaksud hewan yang dilindungi di kawasan ini. Taman Nasional Ujung Kulon memiliki beragam jenis satwa liar baik bersifat endemik maupun penting untuk dilindungi.

Kawasan Taman Nasional ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya adalah laut), yang dimulai dari Semenanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia. Mencakup beberapa wilayah dan pulau kecil antara lain seperti Semenanjung Ujung Kulon, Gunung Honje, Pulau Handeuleum, Pulau Peucang dan Pulau Panaitan.

Tipe ekosistem di Taman Nasional ini antara lain hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropika dataran rendah dan juga padang rumput.

Tiket masuk ke Taman Nasional ini dapat diperoleh di kantor Balai Taman Nasional di Labuan atau di pos Tamanjaya. Fasilitas penginapan terdapat di Desa Taman Jaya, Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Objek wisata menarik yang terdapat diseputar Taman Jaya antara lain Kampung Nelayan Cibanua, Curug Paniis, sumber air panas Cibiuk, dan mengamati Owa Jawa di Curug Cikacang.

Fasilitas akomodasi yang terdapat di Taman Jaya antara lain Penginapan Sundajaya, penyewaan perahu/kapal, perkumpulan pemandu wisata dan pusat pembuatan suvenir patung badak. (aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Juara! AS Roma Petik Buah Manis Kerja Keras Selama Semusim

NUSADAILY.COM - JAKARTA - AS Roma menjuarai UEFA Conference League 2021/2022. Giallorossi disebut memetik buah manis sudah bisa bekerja keras dengan baik selama semusim. Saat...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily