Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaCulturePesona Tangyin, Pulau Kecil di Tengah Danau Poyang Tiongkok

Pesona Tangyin, Pulau Kecil di Tengah Danau Poyang Tiongkok

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Siapa yang tak terpukau dengan keindahan danau yang satu ini, yup Danau Poyang. Danau Poyang adalah danau air tawar yang terbesar di Tiongkok. Keindahannya berhasil menarik perhatian mata dunia.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melansir People.com.cn, danau nan indah ini terletak di perairan Kabupaten Duchang, Provinsi Jiangxi. Di tengah Danau Poyang, terdapat sebuah pulau kecil yang bernama “Tang Yin”. Dikelilingi perairan, danau ini layaknya mutiara yang terapung indah di atas air.

Danau Poyang Di Tangyin. Tekno Tempo

Luas Pulau Tangyin hanya 0,8 kmº yang terdiri dari 4 pulau kecil yang saling terhubung, terletak di persimpangan antara 3 kota serta 4 kabupaten. Sebelah utara Kabupaten Duchang di Kota Jiujiang, Kabupaten Poyang di Shangrao Kota di sebelah timur, di tenggara yaitu Kabupaten Yugan, serta Kabupaten Yugan terletak di barat daya, adalah kabupaten baru di Kota Nanchang. 

Baca Juga : Harga Tiket Pulau Komodo Resmi Naik Jadi Rp3,75 Juta Hari Ini

Di antara lima sungai utama Gan, Fu, Xin, Rao dan Xiu, semua sungai bertemu di sini kecuali Sungai Xiu dan Cabang Barat Sungai Ganjiang.

Pulau Tangyin ini terletak di jalur air utama Danau Poyang yang sejak zaman kuno sudah jadi pusat pelayaran yang penting. 

Berdasarkan catatan sejarah, Departemen Inspeksi Tangyin berdiri pada era Dinasti Ming dan Qing, terdapat periode makmur di sini. 

Pulau Tangyin termasuk salah satu dari sedikit pulau berpenghuni yang lebih besar di Danau Poyang. 

Saat ini, terdapat lebih dari 800 penduduk di pulau tersebut. Adat istiadat yang sederhana serta penduduk yang ramah. 

Terdapat sejarah panjang serta budaya nelayan di daerah danau. Ada “tiga kuil” yang dibangun untuk mengabadikan tiga dewa yaitu: dewa Erlang Yang Jian, dokter Sanlu Qu Yuan, dan Delapan Sage yang terkenal. Raja Zhao Pu dari Dinasti Song Utara.

Pada musim semi, Pulau Tangyin penuh dengan pohon-pohon hijau, bunga dan tanaman. Wangi bunga dan tumbuhan yang semerbak, melihat nelayan hilir mudik serta perahu yang berjajar di danau, ketenangan yang seakan muncul dari dalam diri. Bunga teratai bisa kita lihat saat musim panas dan gugur.

Air Danau Poyang surut pada saat awal musim dingin, bunga Poligonum bermekaran di dasar danau. Langit indah dan memukau disertai burung-burung terbang melintasi hamparan langit.

Stasiun Hidrologi Tangyin merupakan salah satu dari empat stasiun yang dikelola sendiri oleh Biro Hidrologi Danau Poyang. Letak Pulau Tangyin yang cukup jauh dari tepi danau. Sehingga pemantauan ketinggian air, kualitas air sehingga mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar, serta data hidrologi sangat tepat.

Tangyin sudah menjadi “sensor” yang sangat sensitif untuk pemantauan kualitas air di Danau Poyang.

Baca Juga :Ini Lo 4 Restoran di Mal yang Cocok untuk Makan Bersama Keluarga

Setiap kali Danau Poyang naik, data hidrologi Stasiun Tangyin menjadi tolok ukur penting guna pengambilan keputusan akurat oleh departemen pemeliharaan air. 

Pada tahun 1998, Tangyin pernah terendam banjir, namun pemantauan air tidak pernah terputus. Stasiun Hidrologi Tangyin merupakan simbol Pulau Tangyin

Memiliki kondisi lingkungan alam yang unggul membuat pulau ini merupakan surga untuk manusia dan alam secara harmonis hidup berdampingan. (mdr1/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Awas! Gejala Cacar Monyet 2022 Berbeda, Dokter Minta Waspada

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyakit cacar monyet masih diwaspadai di seluruh dunia. Saat ini sudah ada puluhan ribu kasus cacar monyet yang tersebar di...