Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaLifestyleTravelHeboh! Candi Borobudur Dibangun Nabi Sulaiman, Ini Faktanya

Heboh! Candi Borobudur Dibangun Nabi Sulaiman, Ini Faktanya

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sempat heboh narasi yang menyatakan Candi Borobudur dibangun oleh Nabi Sulaiman. Isu ini juga sempat dibukukan oleh KH Fahmi Basya. Tapi, seperti apa faktanya jika melihat sudut pandang ilmiah arkeologi dan sejarah?

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Memang kalau berdasarkan tinjauan tim, faktanya tidak seperti itu. Kalau KH Fahmi Basya menuliskan Borobudur kerajaan Nabi Sulaiman ya kita tidak tahu pendekatannya seperti apa,” kata Brahmantara Pengkaji Pelestari Borobudur di acara ‘Eureka! Edisi 6: Rahasia Borobudur’, Senin (27/6/2022).

BACA JUGA: Refleksi Kontroversi Tarif Mahal Candi Borobudur

“Bicara dari aspek sejarah, arkeologi dan pelestariannya, itu tidak sesuai,” lanjut Brahmantara menegaskan bahwa Candi Borobudur bukan buatan Nabi Sulaiman.

Candi Borobudur sendiri dibuat oleh Dinasti Syailendra, menurut penjabaran Bram di sekitar abad ke-8. Ini pun tertuliskan pada prasasti Sri Kahulungan sehingga bisa ditentukan waktu tahun pembuatannya.

Ada juga cerita yang didapatkan dari prasasti lainnya yang kemudian dikumpulkan untuk ditelaah lebih lanjut. Dari kumpulan prasasti ini, peneliti kemudian baru berani menyimpulkan kapan peninggalan ini dibangun dan siapa penggagasnya.

BACA JUGA: Presiden Jerman Kunjungi Candi Borobudur, Beri Bantuan Alat Monitoring Drainase

Mengutip detikcom, Candi Borobudur dibangun atas titah Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra tahun 824 dan selesai pada masa Ratu Pramudawardhani. Ilmuwan-ilmuwan Belanda seperti NJ Krom mencatat legenda lokal yang menyebutkan nama Gunadharma sebagai arsitek Borobudur.

“Kan kita pendekatannya seperti itu ya, kita melihat bukti-bukti faktual. Ada prasasti kemudian beberapa bukti catatan lainnya, jadi tidak asal menduga saja tapi berdasarkan literasi dan bukti-bukti faktual yang ada,” tandasnya.(eky)

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

Bom Perang Dunia II Ditemukan di Berlin, Penduduk Sekitar Harus Mengungsi!

NUSADAILY.COM – BERLIN – Sebuah bom Perang Dunia Kedua seberat 500 kilogram ditemukan di lokasi konstruksi Friedrichshain, Berlin, Jerman. Semua aktifitas di sekitar lokasi...