Senin, September 20, 2021
BerandaLifestyleTravelBikin Dompet Kering, Ini Dia Negara dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Bikin Dompet Kering, Ini Dia Negara dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Berniat traveling ke suatu negara atau menetap di sana? Yuk ketahui dulu biaya hidupnya.

Melansir World Population Review, berbagai studi dan survei telah dilakukan untuk menentukan negara mana yang paling mahal untuk ditinggali. Menurut survei MoveHub, terdapat lima tolak ukur yang menyebut satu negara disebut mahal dibandingkan yang lain. Kelimanya yakni biaya hidup, biaya sewa, bahan makanan, makan di luar dan daya beli.

BACA JUGA: Hobi Hiking? Perhatikan Hal Ini Sebelum Mendaki Gunung Es – Nusadaily.com

Berikut Nusadaily rangkum, daftar 5 negara dengan biaya hidup termahal di dunia tahun 2021.

1. Bermuda
photo: iStockphoto

Bermuda adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudra Atlantik bagian utara. Letaknya sekitar 933 km dari pesisir Carolina Utara, Amerika Serikat. Wilayah yang terdiri dari 138 pulau ini memiliki nilai biaya hidup 144.88.

Ibu kota Hamilton ini dianggap sebagai salah satu kota termahal di dunia, di mana apartemen seluas 900 kaki persegi serharga US$4.058 setara dengan Rp58.2 juta per bulan.

2. Swiss
Negara
photo: sun education

Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen menjadi negara termahal kedua. Swiss dikenal juga sebagai negara netral namun tetap memiliki kerja sama Internasional yang kuat.

Nilai biaya hidup Swiss adalah 131,39, dan harga bahan makanan yang tinggi merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi biaya hidup di Swiss. Semua jenis makanan di Swiss harganya sekitar 78% lebih mahal daripada negara-negara Uni Eropa lainnya.

Sebagai gambaran, biaya sekali makan di restoran untuk dua orang dengan tiga menu utama harus mengeluarkan 100 franc Swiss sekitar Rp1.44 juta. Sedangkan, sewa apartemen dengan satu kamar tidur di pusat kota Swiss seharga Rp20.84 juta perbulan.

Tapi jika dibandingkan dengan pendapatan bersih orang Swiss memang tinggi, yaitu sekitar 4777 franc Swiss setara dengan Rp69.17 juta perbulan.

3. Islandia
photo: iStockphoto

Negara yang memiliki populasi sebanyak 332.529 penduduk, menjadikan Islandia sebagai negara termahal ketiga di dunia, dengan nilai biaya hidup 123,96.

Di Islandia hampir semua barang harus diimpor melalui penerbangan atau pengiriman. Harga konsumen di Islandia rata-rata sekitar 66% lebih tinggi daripada harga di Eropa.

4. Norwegia
iStockphoto

Di tempat keempat adalah Norwegia, yang memiliki nilai biaya hidup 113,07. Hidup di Norwegia juga menuntut biaya hidup yang cukup mahal.

Untuk sekali makan berdua di restoran kelas menengah saja paling tidak harus mengeluarkan uang sebesar 800 krona Norwegia atau sekitar Rp1.4 juta.

Sedangkan untuk biaya tempat tinggal, sewa apartemen dengan satu kamar seharga 10.324 krona Norwegia atau sekitar Rp18.29 juta.

Selain itu, Norwegia memiliki sistem perpajakan yang sangat progresif yang memberlakukan beberapa pajak tertinggi di dunia tetapi memberikan perawatan kesehatan universal gratis dan perguruan tinggi gratis kepada warganya.

Tetapi jika dibandingkan, tingkat biaya hidup yang tinggi itu masih sejalan dengan penghasilan orang Norwegia yaitu sekitar Rp49 juta.

5. Bahama
photo: boatinternational.com

Bahama adalah negara kelima termahal di dunia dengan nilai biaya hidup 100,68, tepat di atas New York.

Sewa bulanan untuk studio seluas 480 kaki persegi dapat menelan biaya sebanyak $2.091 setara Rp30 juta per bulan. Perkiraan pengeluaran bulanan untuk keluarga dengan empat orang adalah $6.191 setara dengan Rp88.8 juta.

BACA JUGA: Mengintip Kota Romantis Italia Sang Juara Euro 2020 – Noktahmerah.com

Indonesia
Tugu Monumen Nasional Jakarta (idetrips)

Lalu, apa kabar dengan Indonesia? Tanah Air berada di posisi ke 98. Nilai biaya hidup Indonesia mendapat nilai 36,86. Posisi ini berada di bawah Filipina (97) dan di atas Albania (99) serta Serbia (100).

Itulah beberapa daftar negara dengan biaya hidup termahal di dunia. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi negara di atas?(eky)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...