Kamis, Mei 26, 2022
BerandaLifestyleTravelASEAN Mulai Promosi Wisata Aman Secara Digital di Tengah Pandemi

ASEAN Mulai Promosi Wisata Aman Secara Digital di Tengah Pandemi

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Tak mau kalah dengan negara maju, ASEAN mulai kembali promosi wisata aman di kawasan. Dunia digital menjadi kunci.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Tahun 2020 dan 2021 menjadi masa yang sulit bagi sektor perjalanan dan wisata di kawasan ASEAN. Bahkan tahun lalu, badan UNWTO mentahbiskan ASEAN sebagai kawasan yang paling banyak memiliki larangan bepergian.

BACA JUGA: Kasus Harian Covid-19 di Singapura Melonjak Lebih dari 1000 per Hari

Hanya menuju akhir tahun 2021 lalu, tak sedikit negara di kawasan ASEAN yang mulai membuka perbatasan internasionalnya lewat sejumlah mekanisme. Namun, relaksasi itu kembali menemui tantangan saat COVID-19 varian Omicron merajalela.

Adapun Kamboja menjadi salah satu negara ASEAN yang memberi relaksasi lebih, dimana negara itu menjadi tuan rumah dari ASEAN Tourism Forum (ATF) 2022 yang diselenggarakan secara hybrid.

BACA JUGA: Produk Negara ASEAN Dipromosikan di Doha

“Saya menegaskan harapan dari Perdana Menteri Kamboja Samdech Hun Sen di acara pembukaan ATF 2022 yang mengajak negara-negara ASEAN untuk membuka perbatasannya lewat sejumlah koridor khusus, dengan syarat yang lebih sedikit lewat ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) yang diprakarsai Kepala ASEAN,” ujar Presiden ASEANTA Eddy Krismeidi dalam siaran persnya, Sabtu (22/1/2022).

Dalam event ATF 2022 yang diselenggarakan di Kamboja, pihak ASEANTA mendiskusikan sejumlah hal untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata di kawasan. Sekaligus juga mengajak negara di kawasan ASEAN untuk membuka perbatasan dengan bantuan aplikasi kesehatan.

BACA JUGA: PM China Usulkan Pendirian Lembaga Litbang Kesehatan Bersama ASEAN

Lebih lanjut, ASEANTA ingin membuat platform khusus digital untuk traveler bepergian di kawasan ASEAN. Yakni lewat platform bernama ATEX, ASENTA Travel Exchange.

Platform ATEX akan menampilkan pameran B2B yang memungkinkan traveler memesan paket wisata dan tur secara langsung ke stakeholder terkait di ASEAN. Di satu sisi, ATEX akan menjadi referensi besar bagi traveler yang ingin berwisata ke ASEAN.

BACA JUGA: Rahasia di Balik Penampilan Nia Ramadhani yang Selalu Modis di Sidang

Dilansir dari detikcom, rencananya platform digital itu akan diluncurkan pada quarter pertama. Updatenya juga akan mengikuti trend COVID-19.

Untuk meramaikan, pihak ASEANTA juga akan mengajak stakeholder terkait seperti agency perjalanan, hotel, maskapai dan badan pariwisata nasional masng-masing negara.(eky)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Bamsoet Apresiasi Kemudahan UMKM Peroleh Sertifikasi Halal

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Yayasan Al Muttaqien Care yang telah mempermudah pendataan dan verifikasi 10 juta UMKM...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily