Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleTravelArek Lancor Pamekasan, Monumen Celurit Lambang Perjuangan Pahlawan di Madura

Arek Lancor Pamekasan, Monumen Celurit Lambang Perjuangan Pahlawan di Madura

NUSADAILY.COM – PAMEKASAN – Arek Lancor adalah sebuah monumen perjuangan yang dibangun sebagai wujud penghargaan dan penghormatan bagi pejuang yang berjuang membebaskan Pamekasan dari penjajah Belanda kala itu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Monumen kebanggaan masyarakat Madura ini tepat berada di tengah kota Pamekasan, diapit oleh dua tempat ibadah. Masjid Agung Asy Syuhada’ Pamekasan berada di sebelah barat dan Gereja Maria Ratu Para Rasul berada di sebelah timur monumen. Disini terlihat jelas, tingginya sikap toleransi umat beragama yang tumbuh di tengah masyarakat Kabupaten Pamekasan.

BACA JUGA: Warga Pamekasan Geger Penemuan Mayat Membusuk di Sebuah Rumah Kosong

Arti Monumen Arek Lancor

Monumen Arek Lancor berbentuk lima celurit menjulang yang melambangkan nilai-nilai etnik masyarakat Pulau Madura khususnya masyarakat Pamekasan yang terkenal dengan keras, tegas dan berani dalam mempertahankan hak mereka.

Selain dikenal dengan nilai etnik yang keras, tegas dan berani kabupaten Pamekasan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam. Maka tak heran, jika Pamekasan dijuluki sebagai Bumi Gerbangsalam.

Hal ini bisa diwakili juga dengan memperhatikan kembali bentuk simbol Monumen Arek Lancor yang sekilas mirip dengan lafadz Allah.

BACA JUGA: Ngeri! 120 Bidan di Pamekasan Terkonfirmasi Positif Covid-19, 2 Meninggal

Fasilitas Monumen Arek Lancor

Monumen Arek Lancor biasanya sering digunakan sebagai pusat kegiatan seperti Car Free Day (CFD), Pameran Pembangunan, Bazar Murah dan acara yang cukup fenomenal setiap tahunnya adalah “Semalam di Madura” yang menampilkan bermacam-macam Pagelaran Kesenian Budaya Pamekasan.

Selain digunakan sebagai pusat kegiatan, monumen Arek Lancor dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Seperti taman kota, taman bermain anak, museum, lapangan tenis, lahan parkir, dan lainnya.

BACA JUGA: Bupati Pamekasan Paparkan Capaian Pembangunan Infrastruktur 2019-2021

Monumen ini kerap di jadikan tempat berkumpul, bermain, atau sekedar menghabiskan waktu bersantai bagi para pemuda pemudi.

Lokasinya yang sangat strategis membuat Monumen Arek Lancor ini tidak pernah sepi pengunjung. Di sekitar monumen juga banyak ditemukan pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman khas Madura yang pastinya menggugah selera.

Setelah mencicipi berbagai makanan di sana, tak lengkap rasanya bagi pengunjung untuk mengabadikan momen di Arek Lancor. Pengunjung dapat berfoto bebas di sekitar monumen untuk mendapatkan foto yang instagramable dari Arek Lancor.

BACA JUGA: Anak Larissa Chou Sakit Paru-Paru, Harus Konsumsi Obat Sehari 4x

Jam Buka dan Tiket Masuk Monumen Arek Lancor

Jam buka monumen Arek Lancor adalah 24 jam, jadi pengunjung bisa datang kapanpun ke tempat ini.

Selain itu pengunjung yang datang tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Hanya saja akan dikenakan biaya parkir.(eky)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed