Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaLifestyleTravel12 Gunung Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan Indah, Pendaki Wajib ke Sini!

12 Gunung Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan Indah, Pendaki Wajib ke Sini!

- Advertisment -spot_img

BERITALOKA.COM – JAKARTA – Indonesia termasuk negara kaya akan pemandangan alam salah satunya pemandangan gunung indah mempesona yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Tak heran, jika keindahan dan keunikan gunung-gunung di Indonesia menjadi pemikat bagi banyak pendaki lokal maupun internasional untuk menjelajahinya.

BACA JUGA: PPKM Level 4 Banda Aceh Melarang Anak Di Bawah Umur Masuk Mall

Dilansir dari Detikcom, Berikut rekomendasi untuk para pendaki 12 gunung tertinggi di Indonesia dengan pemandangan indah:

1. Puncak Jaya

Gunung tertinggi pertama di Indonesia adalah Puncak Jaya atau yang dikenal sebagai Carstenz Pyramid. Puncak Jaya merupakan bagian dari pegunungan Sudirman di Papua dan masuk ke dalam seven summit dunia dengan tinggi 4.884 Mdpl.

Yang unik dari Puncak Jaya, kamu bisa melihat gletser tropika yang adalah satu-satunya di dunia. Dimana lagi kamu bisa melihat salju di negara tropis seperti Indonesia?

2. Gunung Kerinci

Kemudian ada Gunung Kerinci di Jambi yang masuk gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan tinggi 3.805 Mdpl. Selain masih aktif, gunung ini juga cukup populer di kalangan pendaki yang telah berpengalaman.

BACA JUGA: 5 Patung Tertinggi di Dunia, Indonesia Urutan ke-3

3. Gunung Rinjani

Pendaki mana yang tidak bermimpi untuk menaiki punggung Rinjani di NTB? Berlokasi di Lombok, Rinjani masuk ke dalam gunung ketiga tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.762 Mdpl.

4. Gunung Semeru

Siapa yang tak mengenal Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Di Indonesia, Semeru masuk ke urutan keempat gunung tertinggi dengan ketinggian 3.676 Mdpl.

Gunung berapi ini juga populer dengan adanya Ranu Kumbolo yang sering kali jadi spot camping berlatar danau. Selain film 5 cm tentunya.

5. Gunung Sanggar

Lombok tak cuma punya Gunung Rinjani, tapi juga Gunung Sanggar. Walau tak sepopuler Rinjani, gunung yang satu ini masuk ke 5 besar gunung tertinggi di Indonesia dengan tinggi 3.564 Mdpl.

Hanya bicara keindahan, Gunung Sanggar menyajikan pesona latar alam indah yang tak kalah dengan Rinjani.

6. Gunung Latimojong

Bergeser ke Sulawesi Selatan, ada Gunung Latimojong yang masuk ke peringkat 7 gunung tertinggi di Indonesia. Puncaknya adalah Bulu Rante Mario.

Adapun Untuk mencapainya, traveler harus menempuh perjalanan sekitar 10 jam dari pusat Kota Makassar.

7. Gunung Slamet

Kembali ke Pulau Jawa, ada Gunung Slamet yang masuk ke peringkat 7 gunung tertinggi di Indonesia. Untuk informasi, tingginya adalah 3.428 Mdpl.

Fakta menarik lainnya, Gunung Slamet juga memiliki medan yang cukup menantang. Lokasi persisnya berada di antara Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang.

8. Gunung Sumbing

Masih dari Jawa Tengah, ada Gunung Sumbing di peringkat 8 tertinggi di dunia. Untuk informasi, Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 Mdpl.

Terdapat tiga jalur pendakian untuk mencapai puncak dari salah satu gunung paling tinggi yang ada di Indonesia ini yakni jalur Cepit Parakan, jalur Bogowongso, dan juga jalur Desa Garung.

BACA JUGA: Perjalanan Politik Haji Lulung, Berangkat dari PPP Hingga Pulang Lagi ke PPP

9. Gunung Raung

Peringkat 9 gunung tertinggi di Indonesia diraih oleh Gunung Raung di Jawa Timur. Gunung Raung memiliki tinggi sekitar 3.344 Mdpl.

Terdapat empat puncak di Gunung Raung yakni Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati yang merupakan puncak tertinggi gunung ini.

10. Gunung Lawu

Pulau Jawa memang pusatnya gunung. Di peringkat ke-10, ada Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 Mdpl.

Yang membuat Gunung Lawu menarik, gunung ini juga disakralkan oleh masyarakat setempat. Dimana di sana terdapat 3 puncak yang sangat penting.

11. Gunung Merbabu

Peringkat 11 gunung tertinggi di Indonesia diraih oleh Merbabu di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.145 Mdpl. Gunung yang satu ini juga populer di kalangan pendaki.

BACA JUGA: Mendung Tanpo Udan Rajai Chart Musik Luar Negeri, Ndarboy Genk: Saya Bangga Diterima Banyak Orang

12. Gunung Ciremai

Terakhir, ada Gunung Ciremai di Jawa Barat yang masuk peringkat 12 gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.078 Mdpl. Untuk informasi, Gunung Ciremai adalah yang tertinggi di Jawa Barat.

Gunung yang satu ini juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, yang juga beririsan dengan kawasan wisata alam seperti Sukabumi dan lainnya.

Itulah 12 gunung tertinggi di Indonesia dengan pemandangan indah yang bisa jadi rekomendasi para pendaki.

Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, hanya beberapa gunung di atas yang sudah mulai dibuka untuk wisatawan. Satu yang pasti, para pendaki harus sudah divaksinasi minimal dosis pertama.(eky)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...