Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaLifestyleTechnoKemenhub Resmi Luncurkan SIDOPI-GO, Arya Dega Angkat Bicara

Kemenhub Resmi Luncurkan SIDOPI-GO, Arya Dega Angkat Bicara

Pendapat Arya Dega

Semantara itu, Arya Dega melalui kanal Youtube pribandinya mengatakan banyak pertanyaan terkait sertifikasi pilot drone di Indonesia terutama yang dikeluarkan oleh Sistem Registrasi Drone dan Pilot Drone Indonesia (SIDOPI-GO).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Salah satu pegiat drone di Indonesia ini mengatakan, jika sertifikasi pilot drone tersebut tergantung peruntukannya.

“Misalnya untuk dokumentasi menggunakan drone, maka perusahaan yang harus mengajukan izin melalui SIDOPI,” ujarnya dalam kanal Youtubenya, Selasa (14/6/2022).

Tapi ia juga mengatakan bahwa, untuk perorangan atau pribadi, sertifikasi pilot drone melalui SIDOPI ini belum terlalu penting.

“Buat apa? Sekarang masih banyak pengguna drone yang menerbangkan drone melebihi batas yang sudah ditentukan. Selama ini masih banyak yang terbang melebihi ketentuan,” lanjutnya.

Menurutnya, untuk saat ini lisensi dari pemerintah belum dibutuhkan, sedangkan konsekuesi hukum belum berjalan.

Ia juga mengatakan jika sertifikat yang didapat dari SIDOPI ini berbentuk Digital, sedangkan para pilot drone lebih membutuhkan sertifikat fisik seperti yang didapat dari FASI, APDI maupun FDI. “Sertifikat fisik untuk portofolio jauh lebih penting,” lanjutnya.

“Selain itu jika pilot drone sudah memiliki (sertifikat fisik), mereka yang sudah tahu (regulasi) karena sudah mengikuti training,” katanya.

Youtuber drone pertama di Indonesia ini, mengatakan sertifikasi dari pemerintah (SIDOPI) saat ini masih belum terlalu dibutuhkan.

“Nanti jika sudah ada yang dihukum (jika melanggar), beda cerita. Tapi untuk saat ini ya gitulah,” pungkasnya. (ark)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Rekam Jejak Ferdy Sambo, Mulai Lulus Akpol Kini Jadi Tersangka!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka kasus penembakan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Eks Kadiv Propam Polri...