Rabu, September 28, 2022
BerandaLifestyleTechnoKemenhub Resmi Luncurkan SIDOPI-GO, Arya Dega Angkat Bicara

Kemenhub Resmi Luncurkan SIDOPI-GO, Arya Dega Angkat Bicara

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Aplikasi Sistem Registrasi Drone, Pilot Drone dan Persetujuan Pengoperasian Drone (SIDOPI-GO) dan Aplikasi Sistem Pendaftaran Pesawat Udara Indonesia (SIPUDI) resmi diluncurkan Ditjen Hubud Kemenhub RI secara daring di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Selasa (14/6/2022).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kedua aplikasi ini sebagai bentuk komitmen Ditjen Hubud dalam memberikan pelayanan prima kepada operator penerbangan dan stakeholder drone. Dalam meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Proses perizinan yang lebih mudah, singkat dan transparan,” kata Plt Dirjen Hubud, Nur Isnin Istiartono.

Baca Juga: Permudah Perizinan Pilot Drone Kemenhub Resmikan SIDOPI-GO

Ia menjelaskan, SIDOPI-GO merupakan aplikasi yang dikembangkan berkaitan dengan pengendalian pengoperasian drone di Indonesia.

Melalui aplikasi ini, persetujuan pengoperasian dapat diberikan secara terintegrasi dalam satu pintu. Sehingga menjadi lebih efektif, transparan dan dapat dimonitor secara langsung sejalan dengan peningkatan tren utilisasi drone di Indonesia.

Baca Juga: FDI Gelar Sertifikasi Pilot Drone Nasional, Pesertanya Ada dari TNI dan Polri

SIPUDI

Sedangkan, SIPUDI merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk proses penerbitan sertifikat pendaftaran pesawat udara secara daring. Sehingga pengguna layanan yaitu operator penerbangan dapat dengan mudah mengakses secara daring, cepat, akurat, dan transparan.

Meskipun dilakukan secara online, semua proses perijinan pengoperasian drone dan pendaftaran pesawat tetap mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Ilmuwan China Kembangkan Kawanan Drone Untuk Ubah Film Fiksi Ilmiah Jadi Kenyataan

Implementasi aplikasi ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk proses perijinan khususnya di dunia penerbangan sehingga dapat berperan dalam memajukan penerbangan di Indonesia.

“Manfaat aplikasi ini tidak hanya bagi operator penerbangan dan pegiat drone saja. Tapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas pelayanan jasa transportasi udara. Sosialisasi menjadi penting untuk dilakukan secara massif agar implementasi aplikasi ini dapat menjangkau masyarakat luas,” pungkas Nur Isnin.

Baca Juga: Drone 2022 Wajib Tri Band

BERITA KHUSUS

Enam Poktan Tembakau Situbondo Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga, Ini Daftarnya

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Enam kelompok tani (Poktan) tembakau di Kabupaten Situbondo bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian...

BERITA TERBARU

Makna Gelar Kehormatan ‘La Ode Muhammad’ dari Kesultanan Buton untuk Presiden Jokowi

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan gelar kehormatan adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Nusantara. Apa maknanya? Gelar...