Rekomendasi Tembakau untuk Kretekus Sekte Tingwe

  • Whatsapp
jenis tembakau rokok
Sekte Tingwe
banner 468x60

JAKARTA – Seiring dengan terus merangkak naiknya harga rokok, bertambah pula para kretekus sekte tingwe (linting dewe). Kretekus sekte tingwe adalah perokok yang melinting tembakau sendiri, selain lebih mantap, tembakau yang digunakan untuk tingwe ada banyak macam pilihannya.

Untuk menjadi kretekus sekte tingwe, yang dibutuhkan hanyalah kertas pembungkus rokok (papir) dan seonggok tembakau.

Baca Juga

BACA JUGA: Seni Islam Ala Hajriansyah Esoterik & Eksoterik

Harga tembakau yang relatif merakyat membuat sekte tingwe terus berkembang. Indonesia sendiri negara dengan hasil tembakau melimpah yang diproduksi oleh petani tembakau Indonesia.

Nusadaily.com merangkum jenis tembakau yang cocok untuk kretekus sekte tingwe, serta berbagai ulasan mengenai tembakau tersebut.

Tembakau Srintil Temanggung

Daun tembakau srintil

Srintil sebutan populer salah satu jenis tembakau yang berkualitas di Kabupaten Temanggung.  Tidak semua lahan pertanian tembakau di Temanggung muncul jenis tembakau srintil. Keberadaannya sangat langka, hanya di daerah tertentu dan berkat kearifan lokal.

Srintil adalah fenomena alam yang di ekspresikan dalam lembaran daun tembakau yang membusuk saat diperam, mengeluarkan aroma manis (madu) dan lebih kuat dibandingkan dengan daun tembakau yang lain.

Aroma madu yang kuat adalah daya tarik utama bagi tembakau yang berasal dari sisi timur Sindoro dan sumbing. Namun jangan kaget jika harganya sangat fantastis, mengingat rasa sebanding dengan harga.

Tembakau Darmawangi

Tembakau Darmawangi berasal dari tanah pasundan, yaitu kabupaten Sumedang. Tembakau pasundan yang satu ini tidak kalah sedapnya dengan mojang-mojang pasundan yang mempunyai unsur manis di wajahnya.

Warna tembakau ini biasanya kuning coklat cerah. Rasanya sangat sopan di tenggorokan, sehingga cocok sekali untuk perokok yang menyukai rokok ringan.

BACA JUGA: Efek Mistis “Bercocok Tanam” di Candi Cetho

Wanginya sangat khas dan rasanya ringan tanpa campuran cengkeh dan saus rokok pun sudah hampir mirip dengan rokok putih buatan pabrik.

Tembakau Tambeng

Tembakau tambeng adalah tembakau asal Besuki, Cita rasa kuat dan rajangan yang mempermudah saat tingwe menjadi keunggulannya.

Masyarakat Jawa Timur pasti tidak asing dengan tembakau tersebut, pasalnya tembakau tambeng tergolong mudah dijumpai dengan harga yang juga sopan di dompet.

Tembakau Gayo

Tembakau ini berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darusalam. Jika melihat dari fisik, tembakau ini berwarna hijau sesuai dengan namanya. Cita rasa tembakau ditentukan oleh rajangan. Tapi di jenis tembakau ini memiliki rajangan yang halus dan membuat rasanya pun menjadi ringan.

Tembakau ini memiliki wangi yang hampir mirip dengan 4.20, inilah yang menjadi penyebab kenapa gayo hijau diminati anak-anak muda. Walaupun begitu tembakau ini tidak memiliki efek seperti ganja dan legal untuk dikonsumsi. 

Syarat utama untuk bisa menjadi sekte tingwe adalah bisa melinting, lalu bagaimana caranya? Berikut tutorial linting rokok. (kal)

Post Terkait

banner 468x60