Kamis, Januari 20, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestylePsikolog: PPKM Bisa Kembalikan Keharmonisan Keluarga

Psikolog: PPKM Bisa Kembalikan Keharmonisan Keluarga

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bisa menjadi momen untuk memulihkan kembali keharmonisan dan hubungan erat bersama keluarga, apalagi jika sebelumnya memiliki permasalahan yang tak terselesaikan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Tiga Hal Agar Para Ibu Bisa Bangkit dari Situasi Krisis

Selama dua pekan menjalani PPKM di rumah saja, para anggota keluarga bisa berbagi cerita tentang kegiatan sehari-hari atau pengalaman menyenangkan tentang berbagai hal, termasuk tantangan mereka di dunia kerja.

BACA JUGA: Apa Jadinya Ketika Pemerintah Diperbolehkan Pantau Keharmonisan Keluarga

“Kalau misalnya ada masalah yang berat dan tak tertangangi, sesungguhnya ini kan waktunya kayak untuk menghadapi kembali tapi jangan melihat sebagai sesuatu yang kayaknya berat banget dan bikin tersiksa banget dan sebagainya,” kata Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., psikolog dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia dilansir dari Antara.

BACA JUGA: Apa yang Membuat Orang Tak Ingin Nikah Cepat?

Dalam berbincang mengenai permasalahan rumah tangga, anggota keluarga sebaiknya meluangkan waktu khusus, bukan ketika makan bersama atau sedang beraktivitas dengan anak-anak.

“Kita jadwalin untuk membahas permasalahan dan coba cari kesepakatan permasalahan kemudian bikin kesepakatan, next kalau ada kejadian yang seperti ini lagi kita akan melakukan apa,” ujar Anna.

Anna mengatakan pandemi COVID-19 merupakan kondisi yang tidak menyenangkan bagi banyak pihak. Namun jika bisa melihat sisi positifnya, banyak hal yang bisa diperbaiki.

“Di masa pandemi ini, kita justru punya momentum yang luar biasa untuk menjadikan keluarga kita seperti apa yang kita inginkan,” kata Anna.

“Kadang-kadang orang tidak menyadari bahwa yang saya inginkan mungkin berbeda dengan anggota keluarga lain inginkan, jadi di sinilah waktunya untuk membicarakan ulang keluarga kita maunya kayak apa. Gimana caranya agar seluruh kebutuhan keluarga terakomodir,” imbuh Anna.(mic)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily