Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaLifestylePeopleMbah Tobron Bicara Kriteria Pemimpin Ponorogo: Nggoleko Pemimpin Sing Gelem Ngopeni Reog

Mbah Tobron Bicara Kriteria Pemimpin Ponorogo: Nggoleko Pemimpin Sing Gelem Ngopeni Reog

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-PONOROGO – Pengetahuan Haji Ahmad Tobroni Torejo (Mbah Tobron) ternyata sangat luas. Visi tokoh reog dan tokoh warok Ponorogo ini tentang kriteria pemimpin Ponorogo mendatang, juga menarik untuk disimak.

Kriteria itu disampaikan Mbah Tobron kepada nusadaily.com, sosok pemimpin Ponorogo yang dikehendaki para seniman reog dan para warok adalah pemimpin sing iso ngopeni Reog atau melestarikan reog.

“Karena Ponorogo tanpa reog bukanlah apa-apa, kini reog menjadi salah satu warisan dunia yang diharapkan segera dapat diakui oleh UNESSCO,” terangnya.

BACA JUGA: Mengenal Haji Ahmad Tobroni Torejo, Sesepuh Reog dan Warok Ponorogo

Lebih lanjut, Beliau mengatakan bahwa Bupati sekarang, Ipong Muchlissoni sudah sangat peduli dengan reog. Terbukti pada setiap kegiatan formal maupun non formal reog selalu dihadirkan dalam setiap acara.

Terbaru setiap bulan setiap tanggal 11, desa boleh mengelar reog dengan konsep tatanan New Normal di desanya masing-masing. Tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena pandemi ini.

“Ini saya pahami upaya Bupati Ipong sangat responsif terhadap keluh kesah para seniman reog. Bagi seniman, selama 3 bulan diam saja itu jenuh capek. Untuk mengobati kejenuhan seniman reog ini boleh mengelar reog-an New Normal. Selain itu ini juga upaya menggerakkan ekonomi di masyarakat setelah tiga bulan vakum karena virus corona,”  ungkap beliau.

‘Bila belakang disoal oleh lawan politiknya ini masalah klasik sejak dahulu, dan wajar lawan politik itu ngorek-ngorek hal yang dianggap bisa menaikkan popularitasnya,” imbuhnya.

Tiadakan Festival Reog Cegah Corona

Dengan meniadakan festival reog nasional di Ponorogo sementara ini, juga diapresiasi Haji Tobron. Hal tersebut adalah langkah yang bijak, dalam pencegahan penularan corona. Karena bisa mendatangkan kerumunan dan penularan virus corona secara masif saat ini.

” Nggolek o pemimpin sing iso ngowo apik e Ponorogo, nek aku moh milih pemimpin sing mung isone nebar janji janji nek arep jaluk dadi pemimpin,” terangnya.

BACA JUGA: Hari Jadi ke-524, Puluhan Warga Terima Penghargaan dari Pemkab Ponorogo Atas Jasa dan Dedikasinya

Menurut Mbah Tobron, Ponorogo bakal makmur, yen pimpinane gelem ngopeni reog. Artinya kemakmuran Ponorogo itu karena pemimpin yang mau merawat dan melestarikan Reog.

“Ponorogo kui kondange mergo reog, bakale gedhe yen reog diopeni. Jajal bayangno, opo enten napa-napane nek Ponorogo iku misale ora duwe reog,” imbuhnya dalam logat Jawa khas Ponorogo.

Menurut Mbah Tobron Ponorogo bakal maju dan makmur rakyatnya, jika pemimpinnya melakukan sejumlah kriteria ini. Yakni, yen gelem ngopeni telaga Ngebel, Ngopeni Batoro Katong, Ngopeni Reog, Ngopeni Masjid Tegal Sari, Ngopeni Gontor, Ngopeni Pendidikan-Pendidikan Agama yang sekarang menjamur, Ngopeni wong cilik piye amprih dadi gedhe.

“Ponorogo duwe kuliner sate, dawet Jabung piye didandani amprih dadi apik, amprih dadi kondange, wong nek nyang Ponorogo membelanjakan uangnya. Otomatis perputaran ekonomi tinggi, sehingga naik taraf kesejahteraan wong Ponorogo,” pungkasnya.(nto/cak/bersambung)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...