Kamis, Desember 9, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestylePeopleCerita Rini Sugianto, Animator Indonesia untuk Tintin hingga Avengers

Cerita Rini Sugianto, Animator Indonesia untuk Tintin hingga Avengers

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Nama Rini Sugianto dari Indonesia telah menghiasi setidaknya beberapa kredit animasi di sejumlah film Hollywood. Mulai dari “The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn” (2011), “Iron Man 3” (2013), “Avengers: Age of Ultron” (2015), hingga “Ready Player One” (2019).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Berawal dari kecintaannya untuk menggambar, bermain dengan komputer, dan menyukai detail. Ia lalu menekuni pendidikan hingga program master di Academy of Art University di San Francisco bidang animasi.

Detail, menurut wanita asal Lampung itu merupakan hal yang paling penting saat menganimasikan objek agar terlihat nyata.

“I love watching details. Kita pelajari bagaimana cara orang berkedip. Kalau kita kan mikir mata menutup saja, padahal enggak se-simple itu,” kata Rini melalui webinar Komunitas Tintin Indonesia, Sabtu 25 Juli 2020.

Proyek film animasi pertamanya adalah “The Adventure of Tintin: The Secret of Unicorn” (2011). Film itu disutradarai oleh Stephen Spielberg dan diproduseri oleh Peter Jackson.

Demi proyek ini, Rini Sugianto meninggalkan Amerika Serikat dan pindah ke Selandia Baru, bergabung di studio animasi Weta Studio, yang dimiliki oleh Jackson.

“Pindah ke New Zealand (untuk ‘Tintin’) itu kayak the best decision I’ve made in my career. Ketika diberitahu ini untuk project ‘Tintin’ rasanya senang banget. Karena riset untuk karakternya enggak lama, karena sudah familiar,” kata perempuan yang menempuh pendidikan sarjana di jurusan Arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung tersebut.

Bekerja untuk dua sineas kondang seperti Spielberg dan Jackson juga meninggalkan kesan yang tak terlupakan untuknya. “Rasanya keren banget. Waktu itu dia (Spielberg) sebagai director bagus banget dan enak banget kerja bareng sama dia,” kata Rini.

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily