Mimpi Oh Mimpi, Sebuah Pesan yang Disampaikan

  • Whatsapp
Mimpi Oh Mimpi
Ilustrasi. Saat bermimpi, siapa saja bisa masuk dalam cerita, bahkan seseorang yang tak dikenal sekali pun. (Istockphoto/andresr)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Mimpi tak sebatas bunga tidur, itu kata orang yang percaya bahwa mimpi adalah sebuah kenyataan yang tertunda.

Bagi yang percaya, bahwa di balik mimpi, ada makna yang disampaikan.

Baca Juga

BACA JUGA : Ingin Mimpi Berhubungan Badan dengan Pasangan Idaman? Coba Baca Mantra Ini – Nusadaily.com

Sehingga tak jarang mimpi di malam hari terus terbawa pikiran pada keesokan harinya. Apa yang terjadi di alam bawah sadar rupanya membuat banyak orang penasaran.

Pada dasarnya, mimpi merupakan pengalaman bawah sadar yang melibatkan panca-indera saat tidur, terutama saat seseorang memasuki fase rapid eye movement (REM).

Saat memimpikan seseorang, kemungkinan secara sadar atau tidak, pikiran Anda terfokus pada seseorang dan otak tidak membuang gambar itu saat tidur. Mungkin ada sesuatu yang belum terselesaikan, mungkin ada beban emosional sehingga menarik jika Anda ingin menelaah makna mimpi.

BACA JUGA : Arti Mimpi Pasangan Bersama Orang Lain, Apakah Pertanda Selingkuh? – Noktahmerah.com

Beda orang yang muncul di mimpi, beda pula maknanya. Siapa yang muncul di mimpi Anda semalam? Berikut makna sejumlah mimpi yang paling umum.

1. Mantan

Mungkin mimpi tentang mantan selalu dikaitkan dengan Anda yang belum sepenuhnya ‘move on’. Namun, sebenarnya artinya bisa beragam dan seringkali seputar urusan yang belum selesai.

“Kadang, mimpi adalah tentang mendapatkan penjelasan yang belum didapat di kenyataan. Jika dia secara emosional tidak dewasa atau tidak jujur, mimpi itu mungkin menawarkan resolusi yang tidak dapat dia berikan,” jelas analis mimpi, Nicole Bowman, mengutip Women’s Health Magazine.

BACA JUGA : Pesan Anto Baret, Pilih Pemimpin Yang Jujur – Javasatu.com

Namun, pengecualian untuk mantan kekasih yang merupakan cinta pertama. Analis mimpi, Lauri Loewenberg mengatakan, sosok cinta pertama biasanya akan terus muncul di mimpi dari waktu ke waktu.

Alam Bawah Sadar

“Cinta pertama adalah emosi yang kuat dan orang itu tergambar di alam bawah sadar dan jadi simbol perasaan itu meski Anda sudah berada dalam hubungan baru yang sehat,” kata Loewenberg, mengutip Glamour.

2. Teman kencan

Mimpi tentang teman kencan bakal tergantung sifat hubungannya. Bowman berpendapat, jika hubungan relatif baru, mimpi bisa mencerminkan harapan dan optimisme untuk berlanjut ke tahap komitmen.

Namun sebaliknya, mimpi itu juga bisa berarti ada ketakutan, rasa insecure tentang si dia.

3. Orang yang sudah meninggal

Bermimpi tentang sosok yang sudah tiada menjadi pengalaman pahit tersendiri. Terlebih jika yang dimimpikan adalah sosok yang dikasihi.

Mimpi seperti ini kurang lebih bermakna Anda sedang memerlukan seseorang dengan kualitas serupa.

“Kadang orang-orang dari masa lalu kita mungkin muncul dalam mimpi sebagai simbol dari sesuatu yang mereka wakili,” kata Stephen Klein, penulis laman Dream Stop.

Di sisi lain, Jeffrey melihat ,memimpikan orang yang sudah meninggal bisa diartikan sebagai rasa rindu.

4. Selebriti

Rasa kagum pada sosok selebriti tak jarang bisa muncul di mimpi.

“Selebriti sering dilihat sebagai pemberani dan sukses sehingga bermimpi tentangnya mungkin mengarahkan Anda pada dorongan dan tekad sendiri, atau tekanan yang Anda rasakan untuk tampil,” kata Louise Carter, pendiri Sleep Bubble.

Ilustrasi. Orang asing yang muncul di mimpi bisa menyimbolkan bagian diri Anda yang belum terungkap. (istockphoto/Adene Sanchez)

5. Orang asing

Seseorang yang muncul di mimpi ternyata tidak selalu orang yang dikenal. Orang ini begitu asing, Anda pun tidak pernah menemuinya di dunia nyata.

Pengganti Seseorang

“Mereka bisa jadi pengganti seseorang yang tidak ingin kita lihat, untuk alasan apa pun,” ujar Jeffrey.

Di samping itu, mungkin orang ini menyimbolkan bagian diri Anda yang belum terungkap.

6. Orang yang dulu dikenal

Ada orang-orang yang sempat dikenal lalu tak lagi ada di hidup Anda. Mereka bisa saja muncul dalam mimpi.

Bowman berkata ada kalanya Anda bertanya-tanya tentang mereka, di mana mereka tinggal, dan apa yang mereka lakukan.

“Dan mimpi-mimpi ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu karena mereka memberi kita gambaran tentang orang yang pernah kita kenal dan wawasan tentang bagaimana kehidupan mereka berjalan,” katanya.

7. Kehilangan seseorang

Tidak semua kisah dalam mimpi begitu indah. Ada kalanya dalam mimpi Anda bertemu seseorang, lalu kehilangannya.

Carder Stout, psikoterapis dan analis mimpi mengungkapkan, mimpi ini jelas mengganggu. Di sini ada rasa takut tidak bertemu lagi.

“Jika Anda bermimpi kehilangan anak Anda, itu mengacu pada mengabaikan kualitas sisi kanak-kanak dalam diri,” ujar Stout mengutip dari Goop.

Jika yang hilang adalah pasangan, berarti Anda perlu mengatasi energi feminin atau maskulin. Intinya, mimpi kehilangan seseorang berarti Anda kehilangan sebagian diri Anda.(han)